Inilah 15 Manfaat Tak Terduga Cuka Apel, Bisa Cegah Penyakit?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 November 2021 16:31
Ilustrasi Cuka Apel (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash) Foto: Ilustrasi Cuka Apel (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple cider vinegar atau yang sering disebut cuka apel adalah fermentasi dari buah apel yang dihancurkan. Cuka apel sudah cukup sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan.

Di dalamnya terdapat kandungan asam asetat, asam gallic, katekin, pektin, asam folat, kalium, fosfor dan biotin.

Selain itu, cuka apel juga mengandung vitamin (A, B, B1, B2, B6, C , E), kalium, potasium dan magnesium.

Komponen-komponen tersebut menjadikannya memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri. Sehingga, selain untuk bahan makanan, banyak manfaat lain khususnya untuk kesehatan

Cuka Apel dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat cuka apel yang mungkin belum Anda ketahui. Ternyata cuka apel bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan loh.

Dengan kandungan vitamin yang kompleks beserta kandungan lainnya, kira-kira apa saja ya manfaat cuka apel? Yuk simak di bawah ini!

1. Menurunkan Kolesterol

Ternyata, kandungan asam asetat di dalam cuka apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Sehingga, dengan menurunnya kadar kolesterol akan menurunkan juga risiko dari berbagai gangguan organ yang disebabkan oleh komplikasi dislipidemia.

2. Menurunkan Gula Darah

Dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Arizona, menyatakan bahwa cuka apel membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin dari penderita diabetes.

Sehingga, cuka apel disebut dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap ada di batas normal. Jika ingin menggunakannya tetapi Anda masih mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan infeksi bakteri, Anda bisa mencampurkan cuka apel dan air lalu diminum. Kandungan pektin pada cuka apel dikatakan mampu membantu menenangkan usus yang kejang.

4. Menyembuhkan Bau Mulut

Sifat antibacteria pada cuka apel mampu membantu mengatasi masalah pada bau mulut. Asam yang terkandung juga dapat membantu menghilangkan plak gigi dan membunuh bakteri yang ada di mulut.

Cara penggunaan nya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan cuka air dengan air dan berkumur dengan cairan tersebut setelah gosok gigi.

5. Membantu Gigi Tampak Lebih Putih

Untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel sebagai pemutih gigi, berkumurlah dengan cuka apel. Namun beri jarak 30 menit dari waktu selesai menyikat gigi.

Karena, bagi beberapa orang kandungan asam asetat pada cuka apel bersifat korosif. Yang mungkin saja akan membuat lapisan enamel pada bagian terluar gigi akan terkikis.

6. Membantu Atasi Radang Tenggorokan

Karena mengandung sifat antibakteri, cuka apel dianggap dapat membantu mengatasi sakit pada tenggorokan.

Kandungan di dalamnya dipercaya mampu memperbaiki gejala peradangan pada tubuh. Cuka apel yang digunakan pada makanan mampu membantu membunuh berbagai kuman yang ada di tubuh manusia.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan yang ada pada cuka apel dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa sari dari cuka apel mampu memperlambat pertumbuhan tumor ganas. Masih diperlukan lagi banyak penelitian skala besar untuk manfaat cuka apel satu ini.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Batu Empedu

Batu empedu terbentuk salah satunya disebabkan oleh kadar kolesterol yang berlebihan. Kandungan yang terdapat pada cuka apel dapat membantu menekan kadar kolesterol pada tubuh.

Sehingga selain menurunkan kadar kolesterol, besar kemungkinan untuk mengurangi kemungkinan terbentuknya batu empedu.

9. Bantu Mengatasi Jerawat

Asam asetat yang terkandung pada cuka apel mampu membantu melawan jerawat. Cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai toner yang mampu menyeimbangkan pH kulit.

Selain itu, cairan cuka apel mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah. Memang penelitian untuk ini belum cukup kuat. Namun sudah banyak yang merasakan khasiat dari cuka apel untuk meredakan jerawat hormonal.

10. Bantu Mengatasi Eksim

Campurkan cuka apel dengan air secukupnya, maka akan menghasilkan toner yang bisa membantu mengatasi eksim.

Mengaplikasikan cairan cuka apel ke tubuh, dipercaya dapat membantu mengurangi eksim tanpa membuat kulit kering.

11. Bantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam asetat yang terdapat pada cuka apel mampu membantu bakar lemak, meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan.

Mengonsumsi cuka apel sebanyak 1 - 2 sendok makan setiap hari selama 12 minggu bisa membantu menurunkan berat badan hingga 1,2 - 1,7 kilogram.

Untuk merasakan manfaat ini, tentunya Anda juga harus menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.

12. Meredakan Gejala Asam Lambung

Penyakit refluks gastroesophageal atau yang dikenal dengan asam lambung ini adalah kondisi dimana aliran asam lambung balik dari perut ke dalam kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti mual, mulas dan bersendawa.

Meminum cuka apel dapat membantu menghilangkan gejala asam lambung. Untuk merasakan manfaatnya, cukup larutkan cuka apel dengan 200 ml air dan minum sebelum makan.

13. Membantu Masalah Bau Badan

Ada masalah pada bau badan? Coba gunakan cuka apel sebagai alternatif. Tuangkan pada kapas dan oleskan secukupnya di ketiak Anda.

Pada awalnya akan tercium bau cuka yang cukup kuat. Namun, setelah aroma hilang, cuka apel ini akan membantu tubuh Anda tetap dalam keadaan wangi dan pede.

14. Mengatasi Bau Kaki

Bau kaki dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Faktor yang menyebabkan kondisi ini biasanya adalah bakteri dan jamur.

Selain karena sepatu yang kotor, produksi keringat tubuh yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab bau kaki tak sedap.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan cuka apel. Campurkan air hangat dan setengah cangkir cuka apel, lalu rendam kaki menggunakan cairan tersebut.

15. Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil

Cuka apel bisa dijadikan sebagai obat mual di pagi hari pada ibu hamil karena sifat pH-nya yang netral. Sehingga mampu bantu mengatasi asam lambung yang menjadi penyebab perempuan hamil sering merasa mual di pagi hari.

Gunakan Cuka Apel Secukupnya!

Dari banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan, perlu dicatat bahwa cuka apel tidak bisa dikonsumsi secara berlebih.

Jika ingin menggunakan cuka apel, disarankan untuk memulai dari dosis terkecil yaitu sekitar 1 sendok teh dan hindari dosis lebih dari 2 sendok makan.

Setelah menggunakan cuka apel, jangan lupa untuk kumur-kumur menggunakan air putih agar tidak ada kandungan asam yang menempel pada gigi.

Karena efek samping dari penggunaan cuka apel adalah bisa menyebabkan kerusakan gigi. Enamel gigi bisa terkikis dan membuat gigi menjadi lebih sensitif karena kandungan asamnya.

Mengonsumsi cuka apel tanpa mencampurkannya dengan air juga bisa menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman pada kerongkongan. Adapun efek samping lainnya adalah:

Penurunan kadar gula darah berlebih dan menyebabkan hipoglikemia.

Badan terasa lemas.

Merasa pusing.

Menurunkan kesadaran sampai pingsan.

Demikian manfaat yang bisa Anda dapat dari cuka apel. Untuk menghindari efek samping yang justru merugikan kesehatan diri, pastikan Anda menggunakan cuka apel secara tidak berlebih dan konsultasi langsung dengan dokter jika ada keluhan yang tidak wajar.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading