Tahun Baru Leher Sakit Usai Pesta BBQ? Awas Kolesterol Tinggi

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
31 December 2021 18:30
barbeque (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Malam pergantian tahun kerap kali menjadi momen yang pas untuk bercengkerama bersama keluarga atau teman dekat sambil pesta BBQ. Beragam menu dihadirkan saat malam tahun baru mulai dari daging sapi, ayam hingga daging olahan yang melengkapi malam pergantian tahun. Namun, perlu Anda ketahui bahwa makanan yang diolah dengan cara dibakar pada suhu tinggi bisa menghilangkan kandungan protein di dalamnya.

Atasi Kolesterol Tinggi saat Tahun Baru

Ternyata, menu BBQ yang sering disajikan saat malam tahun baru memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, seperti daging sapi, daging kambing atau domba, daging olahan seperti sosis, bacon atau hot dog. Salah satu penelitian terbaru di University of California, San Francisco, Amerika mengungkap bahwa daging merah bisa mendorong kolesterol meningkat dalam darah dan bisa menyebabkan risiko penyakit Jantung.

Kolesterol yang tinggi biasanya ditunjukkan dengan gejala seperti pusing, sakit pada leher, sakit bagian tengkuk dan merasa pundak pegal. Namun, jangan panik terlebih dahulu karena Anda bisa mengatasi kolesterol jahat dengan melakukan langkah-langkah ini:


1. Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin memang menjadi kunci untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Dengan berolahraga rutin, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh serta mengefektifkan kolesterol baik.

Tidak harus berolahraga ekstrem, untuk mengurangi kadar kolesterol jahat Anda bisa melakukan olahraga yang ringan seperti jogging, bersepeda, berenang atau jalan santai. Yang terpenting adalah Anda menjalankannya secara konsisten.

2. Waktu Tidur Cukup

Penelitian pada jurnal berjudul Sleep menjelaskan bahwa waktu tidur berkaitan dengan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Tidur terlalu sebentar atau tidur terlalu lama sama-sama memiliki dampak terhadap peningkatan kolesterol dalam darah.

Maka dari itu, cara untuk mengatasi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh adalah dengan tidur atau beristirahat dengan cukup dan berkualitas. Hal ini dapat membantu metabolisme hati agar kolesterol jahat dalam tubuh tidak menumpuk. Untuk orang dewasa, umumnya membutuhkan waktu tidur sebanyak 8 jam.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Agar bantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, Anda harus memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayuran dan buah-buahan. Mengonsumsi makanan berserat mampu bantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL).

Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat ternyata juga mampu membuat perut Anda kenyang lebih lama. Sehingga Anda tidak mengonsumsi asupan makanan terlalu banyak. Dalam sehari, Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur.

4. Konsumsi Asupan PSE

PSE atau Plant Stanol Ester adalah bahan alami yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Banyak para ahli yang menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 gram PSE setiap harinya.

Kandungan PSE bisa Anda temukan di sayur-sayuran, buah-buahan, sereal, kacang-kacangan dan minyak sayur. Anda juga bisa mendapatkan asupan PSE tambahan lewat suplemen alternatif pemasok PSE yang bisa menurunkan kolesterol.

5. Cek Tekanan Darah

Kadar kolesterol memiliki kaitan dengan tekanan darah. Penelitian menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang tinggi akan memengaruhi tekanan darah. Di dalam Journal of Human Hypertension pun dikatakan bahwa mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, juga memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dan sebaliknya.

Jadi, sebaiknya rutin untuk memperhatikan tekanan darah Anda agar bisa terhindar dari kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh. Jika Anda memang memiliki masalah pada kolesterol, hindari makanan-makanan yang memicu kenaikan jumlah kolesterol dalam darah. Lakukan konsultasi ke dokter jika gejala yang dialami tidak bisa ditanggulangi secara pribadi. Semoga bermanfaat!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ciri Kolesterol Tinggi Bisa Terlihat Dari Mata, Pernah Cek?


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading