Jangan Sepelekan, Ini Pertanda Anda Punya Kolesterol Tinggi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 November 2021 10:22
Ilustrasi lelah bekerja (Designed by Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Bagaimana tidak, kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit berbahaya.

Perlu diketahui, kolesterol merupakan senyawa lemak yang terdapat di dalam darah. Adapun kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200 miligram per desiliter. Kolesterol dikatakan tinggi jika angka hasil pemeriksaan darah menunjukkan 240 miligram per desiliter.

Lantas apa sajakah tanda seseorang memiliki kolesterol tinggi, berikut paparannya:

Nyeri dada

Plak yang menutup pembuluh darah bisa menimbulkan rasa nyeri dada. Nyeri pada dada terjadi akibat arteri yang menyuplai darah ke jantung tersumbat. Dada pun terasa sakit atau sebuah kondisi yang biasa disebut angina sebagai salah satu gejala kolesterol tinggi.

Mudah lelah

Jika Anda merasa selalu lelah bisa jadi Anda mengalami gangguan kolesterol tinggi. Kondisi ini merupakan salah satu gejala yang mungkin Anda alami.

Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.

Xanthoma

Xanthoma menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi di wajah yang perlu diwaspadai. Kondisi ini mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit.

Xanthoma adalah kondisi ketika lesi kekuningan semakin membesar dan menyebar. Tak hanya itu, bercak kuning juga dapat menunjukkan gejala arteri tersumbat dan akan terlihat tumpukan lemak di sekitar mata, hidung dan mulut. Kondisi itu disebut xanthelasma.

Pencernaan terganggu

Kolesterol tinggi juga bisa mengacaukan sistem pencernaan. Itu bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan akibat kadar kolesterol naik.

Tingginya kadar kolesterol dapat menciptakan ketidakseimbangan empedu, dan pada akhirnya menyebabkan munculnya batu empedu. Bahkan, ada 80 persen lebih kasus batu empedu yang terjadi karena kolesterol tinggi.

Sakit kepala bagian belakang

Salah satu gejala yang khas dan sering muncul sebagai tanda kolesterol naik adalah sakit di kepala bagian belakang atau tengkuk. Sakit kepala yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat, namun akan membaik setelah serangan kolesterol tinggi mereda.

Kaki merasa sakit

Sakit atau nyeri pada kaki juga bisa disebabkan adanya penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga aliran darah menuju kaki menjadi tersendat atau lamban.

Terdapat benjolan di tubuh

Kolesterol tinggi bisa juga terjadi karena faktor genetik. Dan salah satu gejala kolesterol yakni munculnya benjolan pada urat di dekat buku jari. Gumpalan atau benjolan ini adalah penumpukan kolesterol yang sudah terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading