Cristiano Ronaldo Datang, Skuad MU Termahal Kedua Eropa!

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 September 2021 10:09
Cristiano Ronaldo mengenakan kostum Manchester United. (Dok. Manchester United)

Jakarta, CNBC Indonesia - Klub-klub besar di Liga Primer Inggris rajin memperkuat tim mereka pada bursa transfer musim panas tahun ini. Hasilnya, klub-klub Negeri John Bull mendominasi skuad sepakbola termahal di Eropa.

Pada bursa transfer musim panas 2021/2022, sang juara bertahan Liga Primer Manchester City menambah amunisi dengan mendatangkan Jack Grealish dari Aston Villa. Gelandang eksplosif ini dibajak ke Stadion Etihad dengan mahar GBP 100 juta (Rp 1,97 triliun). Ini adalah rekor transfer termahal di Inggris.


Manchester United, runner-up Liga Primer musim lalu, juga terus membuat skuadnya semakin garang. Awalnya Jadon Sancho diboyong dari Borussia Dortmund dengan harga GBP 73 juta (Rp 1,44 triliun). Sancho menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah Setan Merah, hanya kalah dari Harry Maguire yang kedatangan dari Leicester City membuat United merogoh duit GBP 80 juta (Rp 1,57 triliun).

Setelah Sancho, giliran bek tengah Raphael Varane yang merapat ke Stadion Old Trafford. Untuk mendatangkan bek tengah juara Piala Dunia 2018 itu, United harus membayar GBP 40 juta (Rp 788,49 miliar) kepada Real Madrid.

Plus, yang paling heboh, adalah kembalinya Cristiano Ronaldo. Setelah meninggalkan United 12 tahun lalu, CR7 kembali dengan biaya yang 'murah meriah' yakni GBP 12,86 juta (Rp 253,71 miliar). Duit itu masih bisa bertambah GBP 6,85 juta (Rp 135,14 miliar) tergantung penampilan Ronaldo di lapangan.

Kehadiran pemain-pemain anyar itu membuat duo klub Kota Hujan Manchester menjadi pemiik skuad termahal di Eropa. Mengutip catatan CIES Football Observatory, kini skuad City ditaksir bernilai EUR 1,08 miliar (Rp 18,25 triliun), termahal di Benua Biru. United menempati peringkat kedua dengan nilai skuad yang ditaksir EUR 1,02 miliar (Rp 17,28 triliun).

sepakbolaSumber: CIES Football Observatory

Sementara Paris St Germain menjadi klub dengan harga skuad termahal ketiga. Klub milik Qatar Sports Investments itu ditaksir punya skuad bernilai EUR 939 juta (Rp 15,86 triliun).

Paris St Germain seakan menjadi Los Galacticos baru dengan merekrut pemain-pemain bintang. Gianlugi Donnarumma, Sergio Ramos, Giorginio Wijnaldum, Achraf Hakimi, dan yang paling fenomenal Lionel Andres Messi berlabuh di Ibu Kota Prancis.

Di posisi keempat ada Los Galacticos yang asli yaitu Real Madrid. Namun dengan kondisi keuangan yang sudah tidak sekuat dulu, Si Putih hanya merekrut satu pemain bintang pada bursa transfer musim panas ini yaitu Eduardo Camavinga dari Rennes senilai EUR 31 juta (Rp 523,75 miliar).

Sedangkan Chelsea menempati urutan kelima dengan taksiran nilai skuad EUR 780 juta (Rp 13,18 triliun). Si Biru menggebrak bursa transfer kala memulangkan Romelu Lukaku dari Inter Milan dengan biaya EUR 115 juta (Rp 1,94 triliun).

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading