Skuad MU Termahal Kedua di Eropa, Tapi Trofinya Mana???

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
05 October 2021 11:25
Soccer Football - Premier League - Manchester United v Newcastle United - Old Trafford, Manchester, Britain - September 11, 2021 Manchester United's Cristiano Ronaldo celebrates scoring their second goal REUTERS/Phil Noble EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or 'live' services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club /league/player publications.  Please contact your account representative for further details.

Jakarta, CNBC Indonesia - CIES Football Observatory kembali merilis valuasi skuad klub-klub sepakbola terbesar Eropa. Manchester City, juara bertahan Liga Primer Inggris, masih menjadi tim termahal di Benua Biru.

Per 1 Oktober 2021, skuad The Citizens ditaksir bernilai EUR 1,28 miliar. Dengan asumsi EUR 1 setara dengan Rp 16.581,59 seperti kurs tengah transaksi Bank Indonesia (BI) 5 Oktober 2021, nilai skuad asuhan Manajer Josep 'Pep' Guardiola mencapai Rp 21,22 triliun.


Pada bursa transfer musim panas 2021/2022, City menambah amunisi dengan mendatangkan Jack Grealish dari Aston Villa. Gelandang eksplosif ini dibajak ke Stadion Etihad dengan mahar GBP 100 juta (Rp 1,97 triliun). Ini adalah rekor transfer termahal di Inggris.

Di belakang City ada sang tetangga, Manchester United. CIES menaksir skuad Setan Merah berharga EUR 1,21 miliar (Rp 20,13 triliun).

Tim besutan Ole Gunnar Solskjaer terus membuat skuadnya semakin garang. Awalnya Jadon Sancho diboyong dari Borussia Dortmund dengan harga GBP 73 juta (Rp 1,44 triliun). Sancho menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah Setan Merah, hanya kalah dari Harry Maguire yang didatangkan dari Leicester City sehingga membuat United merogoh duit GBP 80 juta (Rp 1,57 triliun).

Setelah Sancho, giliran bek tengah Raphael Varane yang merapat ke Stadion Old Trafford. Untuk mendatangkan bek tengah yang sukses menjadi juara Piala Dunia 2018 bersama Prancis itu, United harus membayar GBP 40 juta (Rp 788,49 miliar) kepada Real Madrid.

Plus, yang paling heboh, adalah kembalinya Cristiano Ronaldo. Setelah meninggalkan United 12 tahun lalu, CR7 kembali dengan biaya yang 'murah meriah' yakni GBP 12,86 juta (Rp 253,71 miliar). Duit itu masih bisa bertambah GBP 6,85 juta (Rp 135,14 miliar) tergantung penampilan Ronaldo di lapangan.

Namun, meski United sudah uang sebanyak itu untuk membangun tim super ternyata belum berbanding lurus dengan raihan trofi. Gelar juara terakhir yang diraih penunggu Stadion Old Trafford adalah pada 2017 yaitu Liga Europa. Dari 10 klub dengan nilai skuad termahal, United jadi yang paling lama 'puasa' trofi.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading