Final EURO 2020 Italia Vs Inggris: Gli Azzurri Jadi Juara!

Lifestyle - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
12 July 2021 05:58
Timnas Italia merayakan titel juara EURO 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim nasional sepak bola Italia sukses menjadi juara EURO 2020. Kepastian itu didapat setelah Gli Azzurri membungkam Inggris lewat adu penalti 3-2 (1-1) di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Penjaga gawang Italia Gianlugi Donnarumma menjadi pahlawan timnya usai mementahkan eksekusi kelima Inggris Bukayo Saka. Bola tendangan Saka yang mengarah ke sisi kiri Donnarumma sukses diblok.

Gelar juara ini merupakan yang kedua bagi Italia di kancah Piala Eropa. Sebelumnya, Gli Azzurri menjadi juara pada saat menjadi tuan rumah perhelatan Piala Eropa 1968.



Pelatih Italia Roberto Mancini menilai pertandingan final tidak berjalan mudah. Apalagi, timnya kebobolan terlebih dahulu pada menit ke-2 akibat ulah Luke Shaw.


Namun, berbekal tekad yang kuat, Italia menyamakan kedudukan pada babak kedua. Tepat pada menit ke-67, bek asal Juventus Leonardo Bonucci berhasil membobol gawang Jordan Pickford memanfaatkan kemelut di depan gawang.

"Saya harap Italia merayakan kemenangan ini," ujar Mancini selepas pertandingan.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Inggris belum dapat mengakhiri dahaga juara di major tournament selama 55 tahun. Terakhir kali Inggris menjadi juara di Piala Dunia 1966.

Kepada BBC, pelatih timnas Inggris Gareth Southgate tidak dapat menutupi kekecewaan usai timnya takluk melawan Italia.

"Kami sangat kecewa," ujarnya.

Menurut Southgate, para pemain telah memberikan segalanya. Apa yang diraih skuat tahun ini jauh di depan generasi setelah 1966.

"Tetapi malam ini sangat menyakitkan," kata Southgate.

Salah satu sorotan yang mengemuka di media sosial Twitter adalah keputusan sang pelatih menunjuk Saka sebagai penendang kelima dalam fase adu penalti. Ini mengingat Saka baru berusia 19 tahun dan memperoleh beban untuk menyamakan kedudukan.

"Saya memutuskan eksekutor penalti berdasarkan apa yang mereka lakukan selama latihan. Kami menang bersama sebagai sebuah tim dan menjadi tanggung jawab kami semua karena tidak bisa memenangkan pertandingan malam ini. Tetapi terkait penalti, itu keputusan saya," kata Southgate. 


[Gambas:Video CNBC]

(miq/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading