Internasional

Bak 'Covid Giveaway', Euro 2020 Jadi Klaster Corona Finlandia

Lifestyle - Thea, CNBC Indonesia
30 June 2021 10:55
Finland's goalkeeper Lukas Hradecky punches the ball away from Denmark's Andreas Cornelius, center right, during the Euro 2020 soccer championship group B match between Denmark and Finland at Parken Stadium in Copenhagen, Saturday, June 12, 2021. (Stuart Franklin/Pool via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 300 suporter Finlandia yang mendukung tim nasional di turnamen sepak bola Euro 2020 tertular Covid-19. Akibatnya tingkat infeksi harian negara Baltik tersebut naik dari sekitar 50 per hari, menjadi lebih dari 200 dalam seminggu terakhir.

Dilansir dari Reuters, pejabat kesehatan Finlandia mengatakan angka itu kemungkinan akan bertambah dalam beberapa hari mendatang. Sebelumnya para fans Finlandia sempat menonton langsung laga melawan Belgia di Saint Petersburg, Rusia 21 Juni lalu.


Kepala Keamanan Institut Kesehatan Finlandia, Mika Salminen, mengatakan jelas bahwa para penggemar yang kembali dari pertandingan menyebabkan peningkatan infeksi harian di negara mereka. Lembaga tersebut memperkirakan ada 4.500-6.000 fans negeri itu menonton laga langsung ke negeri Kremlin.

"Melihat pembagian usia mereka, jelas belum banyak dari mereka yang mendapatkan dua dosis vaksin," katanya Salmien pada Selasa (29/6/2021).

"Pertanyaan kuncinya adalah, apakah kita akan melihat rantai infeksi. Sekarang sepertinya kita tidak bisa pindah ke tingkat pembatasan yang lebih rendah di wilayah Helsinki," kata Salminen.

Pihak berwenang masih berusaha melacak semua orang yang menghadiri acara tersebut. Otoritas memperingatkan bahwa mereka mungkin telah menularkan virus ke teman dan keluarga selama perayaan pertengahan musim panas akhir pekan lalu.

Finlandia tetap menjadi salah satu negara yang paling sedikit terkena dampak pandemi. Negara berpenduduk 5,5 juta orang itu baru mencatat 95.387 infeksi, 969 kematian, dan 29 orang dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Sebelumnya Perdana Menteri Sanna Marin meminta seluruh suporter Finlandia yang ke Rusia di tes. Rusia sendiri saat ini mengalami kenaikan kasus corona, di mana Selasa jumlah kematian harian akibat virus corona kembali rekor.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Finlandia Bukan Cuma Nokia, Tapi Juga Sepakbola!


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading