Internasional

Mengenal Jamur Hitam, Wabah Baru Serang Ribuan Orang di India

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
25 May 2021 08:48
FILE - In this April 24, 2021, file photo, a COVID-19 patient sits inside a car and breathes with the help of oxygen provided by a Gurdwara, a Sikh house of worship, in New Delhi, India. India crossed a grim milestone Wednesday, April 28, 2021 of 200,000 people lost to the coronavirus as a devastating surge of new infections tears through dense cities and rural areas alike and overwhelms health care systems on the brink of collapse. (AP Photo/Altaf Qadri)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum selesai dengan tsunami corona (Covid-19), India diserang penyakit baru. Penyakit itu adalah Mucormycosis atau jamur hitam (black fungus)

Akhir pekan kemarin pemerintah meminta 29 negara bagian mengumumkannya sebagai epidemi. Istilah ini merujuk ke wabah di penyakit telah tersebar luas di daerah dan melibatkan banyak orang.


Dikabarkan pula jamur hitam telah menjangkiti hampir 9 ribu orang warga yang tersebar di 29 negara bagian Negeri Bollywood itu. Dalam laporannya akhir pekan kemarin, ada 219 orang meninggal.

Lalu apa sebenarnya penyakit ini?

Jamur hitam sebenarnya adalah infeksi yang sangat jarang. Hal ini disebabkan paparan jamur mukosa yang banyak ditemukan di tanah, tanaman, pupuk kandang, serta buah dan sayuran yang membusuk.

"Ini ada di mana-mana dan ditemukan di tanah dan udara dan bahkan di hidung dan lendir orang sehat," kata Dr Akshay Nair, seorang ahli bedah mata yang berbasis di Mumbai dikutip dari BBC International.

Penyakit ini mempengaruhi sinus, otak dan paru-paru. Kematian bisa 50% terjadi penderita.

Penyakit ini dapat mengancam jiwa pada penderita diabetes atau penderita kekebalan tubuh yang parah. Seperti pasien kanker atau orang dengan HIV/AIDS.

Bila terserang wabah ini, perawatan medis berat harus segera dilakukan agar infeksi jamur tidak menjalar ke beberapa organ penting seperti otak dan paru-paru. Bahkan tindakan amputasi seringkali diperlukan agar jamur tidak menular hingga organ yang vital.

Belakangan, jamur hitam juga menjangkiti pasien Covid-19 yang diketahui memiliki antibodi yang sedang terserang. Hal ini meningkatkan bahaya karena ini pasti memperparah kondisi paru-paru dan tubuh lainnya, meski kemungkinannya sangat rendah.

"Mucor bisa masuk ke paru-paru tapi kemungkinannya sangat rendah,"kata Profesor All India Institute Of Medical Sciences, New Delhi dan Kepala Departemen Endokrinologi dan Metabolisme, Dr Nikhil Tandon.

Sementara itu RS Maharaja Yeshwantrao, yang berada di wilayah Indore mengatakan lebih dari 80% pasien Mucormycosis membutuhkan operasi secepatnya yang terkadang melibatkan pengangkatan bola mata. Tujuannya agar infeksi tidak menyebar sampai ke otak.

"Peningkatan pasien benar-benar tidak diduga... Biasanya kami hanya melihat satu atau dua kasus di tahun-tahun sebelumnya," kata VP Pandey, pengelola RS Maharaja Yeshwantrao.

Lonjakan kasus juga telah menyebabkan kekurangan Amfoterisin B, obat yang digunakan untuk mengobati Mucormycosis, meskipun diproduksi oleh banyak perusahaan India. Ini telah menyebabkan banyak keluarga beralih ke pasar gelap dengan putus asa.

"Dalam pertempuran kami ini, tantangan baru lain dari jamur hitam juga muncul," jelas Perdana Menteri Narendra Modi pada hari Jumat lalu menggambarkan epidemic ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading