Internasional

BTS Makin Laris, Resmi Jadi Brand Ambassador Louis Vuitton

Lifestyle - Ratu Rina, CNBC Indonesia
25 April 2021 21:20
In this video grab provided by CBS and the Recording Academy, BTS performs

Jakarta, CNBC Indonesia - Boyband asal Korea Selatan, BTS, mengumumkan kesepakatan baru untuk pemasaran pada pekan ini. Padahal sebelumnya BTS sering disebut sulit ditaklukkan merek-merek mewah, tapi akhirnya mereka menjadi house ambassador untuk Louis Vuitton.

Setelah pertama kali setuju dengan McDonald's mempromosikan makanan baru yang dijual dengan harga lebih dari US$ 6 atau Rp 87.000 (kurs Rp 14.500/US$), boyband beranggotakan enam orang ini resmi ditunjuk sebagai duta merek untuk Louis Vuitton, pemasok tas yang dijual dengan harga di atas US$ 1.000 atau Rp 15 juta, sebagaimana disampaikan dalam akun Instagram resmi brand tersebut.


[Gambas:Instagram]



Grup Korea Selatan yang mendapat nominasi Grammy, yang kini juga merilis lagu-lagu berbahasa Inggris, telah beberapa kali menduduki puncak tangga album di Amerika Serikat.

Louis Vuitton, pemimpin pasar untuk barang-barang mewah yang berbasis di Prancis dan tercatat di bursa Euronext dengan kode LVMH, sudah bekerjasama dengan sejumlah selebriti untuk mempromosikan produk premium mereka, mulai dari aktris Emma Stone dan Jennifer Connelly hingga aktor dan penyanyi Jaden Smith.

Adapun di Asia - dan terutama China, di mana K-pop juga populer - memang punya pasar utama untuk merek-merek mewah. Keunggulan pasar ini telah memicu lonjakan penjualan produk premium di tengah pelonggaran pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Seperti dikutip Reuters, perancang busana pria Louis Vuitton, Virgil Abloh, yang terkenal dengan kreasi bergaya streetwear dan berteman dengan bintang hip-hop Kanye West, mengatakan kemitraan dengan BTS menambahkan babak modern bagi perusahaan yang akhirnya mampu menggabungkan kemewahan dan budaya kontemporer.

Biasanya, merek-merek mewah secara tradisional tidak suka bekerjasama dengan artis atau influencer yang sudah mewakili label lain yang tidak sesuai dengan citra high-end mereka, meskipun batasan antara olahraga dan fesyen misalnya mulai kabur. Ini artinya, kendati BTS jadi brand-nya McDonald's, tapi tetap saja laris bagi Louis Vuitton.

[Gambas:Instagram]



"Meskipun bisnis mereka terlihat berbeda, McDonald's dan Louis Vuitton sama-sama memiliki kebutuhan untuk mendukung konsumen generasi baru," kata Carol Spieckerman, Presiden di konsultan ritel Spieckerman Retail.

Louis Vuitton tidak berkomentar tentang kesepakatan BTS dengan McDonald. Di bawah kesepakatan tersebut, makanan atau produk McDonald's dengan brand BTS akan diluncurkan mulai bulan depan di hampir 50 negara, dan akan mencakup McNuggets ayam, kentang goreng, dan dua saus.

Namun, baik Vuitton maupun McDonald's tidak mengungkapkan detail keuangan apa pun dengan BTS.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading