Kolab Sama BTS, McDonald's Korea Catat Rekor Penjualan Baru

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 April 2022 15:55
BTS Meal McDonald's. (Tangkapan Layar Twitter @McDonalds_ID)

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup idola K-pop BTS terbukti menjadi alat pemasaran yang sangat efektif di seluruh industri. McDonald's Korea, yang berkolaborasi meluncurkan BTS Set tahun lalu, mencatatkan rekor penjualan baru. 

Seorang pejabat McDonald's Korea yang dikutip Korea Times, mengungkap bahwa BTS Set terjual hampir 1,45 juta porsi dan angka tersebut berkontribusi signifikan dalam mencapai penjualan terbesar dalam sejarah McDonald's.

"Jika kita menggabungkan pendapatan yang diciptakan baik oleh restoran yang dikelola langsung oleh perusahaan dan franchise kita, angkanya mencapai 1 triliun won. Ini adalah rekor sepanjang masa sejak McDonald's memasuki pasar Korea," kata seorang pejabat McDonald's Korea.


Jika dilihat dari presentase, penjualan meningkat 9,7 persen menjadi 867,9 miliar won (Rp 10 triliun) dibanding tahun 2020.

Tidak hanya itu, produsen peralatan rumah tangga Coway juga ikut meraup untung berlipat dari kemunculan BTS dalam iklannya. Tahun lalu, pendapatannya melonjak 13,2 persen secara year-on-year. 

Sementara penjualan Coway di luar negeri juga melampaui 1 triliun won untuk pertama kalinya, berkat popularitas global BTS. 

Coway meraih sukses besar di Asia Tenggara, di mana BTS memiliki fandom yang besar. Bloomberg melaporkan bahwa penjualan Coway menunjukkan lonjakan signifikan di Malaysia dan Amerika Serikat sejak April 2021 setelah menampilkan legenda K-pop tersebut dalam iklannya.

Sementara itu, salah satu anggota BTS Jungkook mempromosikan Kombucha Teazen melalui streaming video langsungnya pada Februari 2021.

Merek teh lokal Teazen itu tidak berkolaborasi dengan BTS, namun penjualan Teazen langsung tumbuh lima kali lipat berkat sosok Jungkook. Saat itu Jungkook mengatakan Kombucha Teazen adalah favoritnya.

Ketiban untung karena dipromosikan Jongkook BTS, penjualan Teazen langsung mencatatkan kenaikan penjualan dua kali lipat pada 2021. 

"Berkat fan club BTS, popularitas Kombucha kami tumbuh pesat di luar negeri. Kami berencana untuk mengekspor produk kami ke 50 negara dan menjadi pembuat teh global dalam waktu dekat," kata seorang pejabat Teazen.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

ARMY, Webtoon Resmi Rilis Teaser Baru yang Tampilkan BTS


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading