Viral 'Satan Shoes', Sepatu Setan Mengandung Darah Manusia

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
30 March 2021 14:33
satan soes (MSCHF)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapper dan penyanyi asal Amerika Serikat (AS) Lil Nas X merilis sepatu dengan nama "Satan Shoes" atau "Sepatu Setan". Sepatu ini menjadi kontroversial karena berisi setetes darah manusia.

Sepatu edisi terbatas itu juga memiliki tulisan "MSCHF", perusahaan yang memproduksi sepatu itu. Sepatu juga bertuliskan "Lil Nas X" di bagian belakangnya.


Beberapa outlet media melaporkan bahwa sepatu tersebut terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit. Padahal, sepasang sepatu diharga US$ 1.018 atau Rp 14,7 juta (asumsi Rp 14.000/US$) per pasang.

Namun baru dirilis, produsen sepatu atletik Nike Inc menggugat sepatu itu. Pasalnya desain sepatu memodifikasi Nike Air Max 97s.

Nike bahkan mengajukan gugatan ke pengadilan federal. Nike mengatakan perusahaan berbasis di New York tersebut melanggar dan mengencerkan merek dagangnya dengan menjual sepatu itu secara online.

"Sudah ada bukti ... terjadi di pasar, termasuk seruan untuk memboikot Nike sebagai tanggapan atas peluncuran Satan Shoes MSCHF. (Ini) berdasarkan keyakinan keliru bahwa Nike telah memberi otorisasi atau menyetujui produk ini," kata gugatan tersebut, dikutip dari Reuters.

Nike meminta pengadilan untuk segera menghentikan MSCHF dari memenuhi pesanan sepatu dan meminta persidangan juri untuk meminta ganti rugi. Namun gugatan tidak ditujukan ke Lil Nas X.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading