Sah! Nike Menangi Gugatan Sepatu Setan yang Pakai Darah Orang

Lifestyle - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
02 April 2021 17:20
Men walk past a Nike store in central Kiev, Ukraine August 14, 2018. Picture taken August 14, 2018.  REUTERS/Valentyn Ogirenko

Jakarta, CNBC IndonesiaNike memenangkan gugatan terhadap firma seni asal Brooklyn MSCHF atas 'Sepatu Setan' kontroversial. 'Sepatu Setan' penuh kontroversi lantaran mengandung setetes darah manusia.

'Sepatu Setan' ini dibanderol dengan harga US$ 1.018. Ia merupakan modifikasi Nike Air Max 97s yang menampilkan salib terbalik, pentagram, dan tulisan "Luke 10:18".

Dalam memproduksi sepatu tersebut, MSCHF bekerja sama dengan rapper Lil Nas X. Berdasarkan laporan yang disampaikan, ada 666 sepatu yang sudah diproduksi dan hanya satu yang telah dikirim.

Kondisi itu membuat Nike menggugat karena dinilai terjadi pelanggaran merek dagang.



"Kolaborasi MSCHF dan 'Sepatu Setan' yang tidak sah kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan serta menciptakan hubungan yang keliru antara produk MSCHF dan Nike," tulis Nike sebagaimana dikutip dari BBC, Jumat, (02/04/2021).

Sementara itu, pengacara MSCHF mengatakan 666 pasang sepatu yang dibuat adalah karya seni bernomor individual yang dijual kepada kolektor masing-masing seharga US$ 1.018.

Berpihak pada Nike, hakim federal mengeluarkan perintah penahanan sementara pada hari Kamis. Dampak dari keputusan tersebut masih belum jelas karena MSCHF mengindikasikan rencana untuk tidak memproduksi lagi.

Sepatu ini diluncurkan bertepatan dengan peluncuran lagu terbaru Lil Nas X Montero (Call Me By Your Name), yang memulai debutnya di YouTube Jumat lalu.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading