Nike Gugat 'Sepatu Setan' Lil Nas X yang Pakai Darah Manusia

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
31 March 2021 09:35
satan soes (MSCHF)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan sepatu raksasa ternama Nike mengajukan gugatan pelanggaran kepada merek dagang federal MSCHF. Perusahaan asal Brooklyn itu dituding telah menjual dan memodifikasi Nike Air Max 97.

Ini bermula ketika MSCHF merilis sepatu setan aliasĀ 'Satan Shoes' yang bekerja sama dengan rapper Lil Nas X, Senin. Sepatu hitam dan merah itu diluncurkan bertepatan dengan peluncuran lagu terbaru sang rapper, Call Me By Your Name, yang memulai debutnya di YouTube Jumat pekan lalu.


Sepatu tersebut cukup kontroversial karena mengandung setetes darah manusia. Sepatu itu juga dihiasi liontin pentagram, serta menampilkan salib terbalik, dan tulisan Lukas 10:18.

Nike mengklaim telah terjadi pelanggaran merek dagang. Nike meminta pengadilan menghentikan MSCHF menjual sepatu itu dan mencegah mereka menggunakan tanda Swoosh yang merupakan khas Nike.

"Faktanya, sudah ada bukti kebingungan dan pengenceran yang signifikan yang terjadi di pasar, termasuk seruan untuk memboikot Nike sebagai tanggapan atas peluncuran Sepatu Setan MSCHF berdasarkan keyakinan yang keliru bahwa Nike telah mengizinkan atau menyetujui produk ini," kata gugatan tersebut dikutip dari NBC News, Rabu (31/3/2021).

Dalam pernyataan setelah pengaduan diajukan, Nike menegaskan kembali bahwa itu sama sekali tidak berafiliasi dengan sepatu itu. Pasalnya kehadiran 'Satan Shoes' menyebabkan kebingungan konsumen.

"Kami dapat memberi tahu Anda bahwa kami tidak memiliki hubungan dengan Lil Nas X atau MSCHF," kata Nike.

Hingga saat ini, MSCHF belum menanggapi. Sepatu itu sendiri masih dijual seharga US$ 1.018 dollar (Rp 14,7 juta).

Sementara itu, Lil Nas X yang bernama asli Montero Lamar Hill kemarin merilis video YouTube pendek berjudul "Lil Nas X Apologizes for Satan Shoe". Ia meminta maaf atas kontroversi sepatu setan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading