Takjub! Sepatu 'Yeezy' Kanye West Laku Rp 26 M

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
27 April 2021 15:32
Nike Air Yeezy II (Dok. Nike)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepatu sneakers rapper asal Amerika Serikat (AS) Kanye West dikabarkan laku terjual US$ 1,8 juta atau setara Rp 26 miliar.

Dikutip AFP, sepatu Nike Air Yeezy itu terjual kepada RARES, pasar investasi sepatu kets yang memungkinkan pengguna berinvestasi pada sepasang alas kaki atletik yang langka.


"Harga sepatu itu sendiri tiga kali lipat dari rekor sebelumnya untuk sepatu kets," kata Sotheby, rumah lelang yang menjual sepatu tersebut, Senin (26/4/2021).

Sepatu tersebut mengalahkan rekor yang dipegang oleh sepasang Nike Air Jordan 1s yang terjual seharga US$ 615.000 atau setara Rp 8,7 miliar pada Agustus 2020 di lelang Christie.

"Penjualan tersebut menandai harga tertinggi yang pernah tercatat di publik untuk penjualan sepatu kets," katanya.

"Penjualan itu juga menandai sepasang sepatu kets pertama yang mencapai US$ 1 juta."

Yeezys hitam itu sempat digunakan oleh West selama Grammy Awards 2008 saat dia membawakan "Hey Mama" dan "Stronger."

Sepatu kets, yang merupakan bagian dari kolaborasi antara Nike dan West, adalah prototipe, dengan model yang dihasilkan tidak akan dijual hingga April 2009.

Sementara itu harga jual sepatu tersebut diperkirakan melebihi perkiraan Sotheby sebesar US$ 1 juta.

RARES, diluncurkan pada bulan Maret oleh mantan pemain sepak bola Amerika Gerome Sapp setelah membeli Air Yeezy 1s melalui penjualan pribadi dari kolektor sepatu Ryan Chang.

"Itu sebenarnya keuntungan di atas keuntungan," kata Sapp.

Lebih lanjut Sapp mengatakan sneaker tersebut diperkirakan akan terdaftar di "bursa saham" platform dengan harga sekitar US$ 15 (Rp 210 ribu) hingga US$ 20 (Rp 280 ribu) per saham pada 16 Juni, jelasnya.

Sapp memprediksi bahwa perusahaan akan melakukan tiga atau empat listing serupa IPO sebelum itu, termasuk sepasang Nike Air Force 1 yang dibuat bekerja sama dengan rapper Jay-Z.

Sebelum berkolaborasi dengan West, Nike menamai sepatu hanya untuk menghormati atlet terkenal. Air Yeezy 1 dirilis, dalam edisi terbatas pada tahun 2009, diikuti oleh Air Yeezy 2 pada tahun 2012.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading