Internasional

Bak Koboi, Ini Curhat tak Terduga Trump saat Pakai Masker

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
02 July 2020 17:26
President Donald Trump looks through a face shield, in front of a poster of the manufacturing of the shields, while touring Ford Motor Co.'s Rawsonville Components Plant in Ypsilanti, Michigan on Thursday, May 21, 2020. (Daniel Mears/Detroit News via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia -Sudah lama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikritik karena tak pernah memakai masker di muka umum. Namun, dalam pernyataan terbarunya, ia seperti mencoba membalas kritikan tersebut.

Ditulis AP News, Trump mengaku sebenarnya menggunakan alat pelindung diri (APD) tersebut. Bahkan, ia mengatakan dirinya suka memakai masker.

Ia pun berujar saat memakai masker ia melihat dirinya bak "Lone Ranger". The Lone Rangers sendiri adalah sebuah tontonan klasik tentang seorang koboi patriot di AS.


"Saya memakai masker. Saya agak menyukai penampilan saya... Itu adalah masker hitam gelap, dan saya pikir itu terlihat oke," kata Trump kepada Fox Business dalam sebuah wawancara, Rabu (1/7/2020).


"Itu tampak seperti Lone Ranger," lanjutnya, merujuk pada karakter koboi dari American Old West itu.

"Saya tidak punya masalah dengan itu [memakai masker], dan jika orang merasa senang tentang itu, mereka harus melakukannya."

Lebih lanjut, Trump juga mengatakan ia selalu menggunakan masker saat berada di kerumunan.

"Jika saya berada dalam situasi yang padat dengan orang-orang, saya akan benar-benar [mengenakan masker]," kata Trump.

Sebelumnya saat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan penggunaan masker di tempat umum pada awal April, Trump selalu menolak memakainya. Ia mengatakan dengan tegas bahwa ia tidak akan mengikuti anjuran itu dan juga menolak difoto saat sedang memakai masker.

Sejauh ini, Trump baru satu kali kedapatan mengenakan masker di depan media. Trump mengenakannya untuk tur di belakang layar fasilitas Ford di Michigan pada bulan Mei. Wartawan tidak diizinkan menemani Trump dalam tur tersebut.

Setelah itu, dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia mengenakan masker di "area belakang" dan "tidak ingin ingin memberi pers kesenangan karena melihatnya."

Apa yang dilakukan Trump itu bertolak belakang dengan pemimpin dunia lainnya, seperti halnya Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Kedua pemimpin negara itu kerap kali terlihat memakai masker di depan umum dan mengimbau warga mereka untuk memakainya juga.

Saingan Trump dalam pemilu mendatang, Joe Biden, juga sering terlihat mengenakan masker di depan umum.

Namun begitu, Trump mengkritik Biden karena mengenakan masker meski dia berdiri agak jauh dari pendengarnya dan karena berbicara dengan masker menutupi mulut dan hidungnya.

"Ketika tidak ada orang di sekitar, saya tidak melihat alasan untuk memakainya," kata Trump dalam wawancara terpisah pada hari Rabu juga.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading