#Bangsakuat, Gerakan Donasi Bantu Ribuan Tenaga Medis & UMKM

Lifestyle - Rahajeng Kusumo, CNBC Indonesia
10 May 2020 11:38
Program Bangsa Kuat (Ist)
Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah berjalan hampir satu bulan Gerakan #BangsaKuat yang digagas Putri Tanjung telah berakhir. Gerakan ini difokuskan untuk membantu para dokter dan tenaga medis dan pegawai rumah sakit yang bertugas merawat pasien virus Corona (COVID-19) berakhir. #BangsaKuat sendiri berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 202,88 juta.


Putri mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada orang - orang baik yang berdonasi membantu gerakan ini. Melalui gerakan #BangsaKuat, dia membagikan makanan siang dan malam bergizi kepada mereka yang telah berdedikasi dalam penanganan virus Corona.

Program Bangsa Kuat (Ist)Foto: Program Bangsa Kuat (Ist)
Program Bangsa Kuat (Ist)




Selama hampir satu bulan gerakan ini sudah berbagi makanan ke 16 rumah sakit di Jakarta, Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Bekasi, Tangerang Selatan dan Kabupatem Tangeran. Ada sekitar 5.200 makanan yang dibagikan kepada para tenaga kesehatan di rumah sakit.

"Tidak ada kata yang lebih pantas saya ucapkan selain salam hangat dan terima kasih untuk anda semua orang- orang baik yang mendukung movement #BangsaKuat selama ini. Alhamdulilah selama hampir satu bulan, #BangsaKuat bisa berbagi makan siang atau makan malam untuk para dokter, perawat  dan pegawai di 16 Rumah Sakit di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang menjadi rujukan penanganan Covid-19," kata Putri dalam siaran resminya.

Program Bangsa Kuat (Ist)Foto: Program Bangsa Kuat (Ist)
Program Bangsa Kuat (Ist)





Makanan yang diberikan dipesan dari UKM Food Truck yang tergabung dalam Komunitas Food Truck Jakarta. Putri mengatakan gerakan ini tidak hanya memberi support kepada para tenaga kesahatan namun juga bisa membantu UMKM yang terkena dampak kesulitan karena pandemi COVID-19.

Apalagi UMKM Food Truck yang biasanya bergantung pada event atau acara yang hampir semuanya terhenti di masa pandemi. Komunitas Food Truck mengaku tadinya hampir putus asa karena sulitnya keadaan, merasa dengan adanya gerakan ini bisa membuat mereka mampu bertahan dan tetap berproduksi.

"Gerakan #BangsaKuat secara tidak langsung menyelamatkan sekitar 20 usaha Foodtruck dengan hampir 70 karyawan. Kami sangat berterima kasih dan belajar banyak juga dari gerakan ini. Dimana kami belajar memproduksi dan mengolah makanan bergizi seiimbang untuk para petugas kesehatan. Menu dan bahan2nya tidak bisa sembarangan juga harus yang berkualitas," ujar Joko Waluyo Kordinator Komunitas Food Truck Jakarta

Program Bangsa Kuat (Ist)Foto: Program Bangsa Kuat (Ist)
Program Bangsa Kuat (Ist)


"Situasi boleh saja sulit dan berat, tapi rasa kemanusiaan tidak boleh mati. Sedikit langkah kecil yang kita lakukan bersama, mungkin bisa menjadi penambah kekuatan bagi mereka yang selama ini bekerja keras tanpa lelah menjaga dan menolong banyak nyawa," tambah Putri.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada yang telah berdonasi, UMKM @komunitas_foodtruck_jakarta untuk bergizi untuk para tenaga kesehatan.

"Apresiasi juga kepada DANA dan Indomilk atas Dukungan kalian semua jadi kekuatan untuk saya pribadi dan mudah - mudahan kita semua agar bisa terus berbagi berkat untuk semakin banyak orang. Karena anda semua kita menjadi #BangsaKuat," katanya.

Program Bangsa Kuat (Ist)Foto: Program Bangsa Kuat (Ist)
Program Bangsa Kuat (Ist)



[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading