Elevate Women, Upaya Memajukan Entrepreneur Perempuan

Lifestyle - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
15 April 2021 17:48
Elevate Women, upaya memajukan Entrepreneur perempuan. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak perempuan yang aktif sebagai entrepreneur, berdasarkan survei di Indonesia, 55% penggerak industri kreatif adalah perempuan. Walau begitu, masih sedikit yang mendapatkan kesempatan untuk berada di puncak sebagai pemimpin industrinya masing-masing.

Berangkat dari keresahan ini, Putri Tanjung menginisiasi Elevate Women, program yang ditujukan untuk memfasilitasi entrepreneur perempuan industri kreatif untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam berkarya dan menjadi pemimpin usaha di industri kreatif.

Sejak pendaftaran dibuka pada 8 Maret 2021, Elevate Women menerima sekitar 130 pelaku usaha perempuan dari 10 sektor industri kreatif di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh, Palembang, Jakarta, Surabaya, Papua, dan masih banyak lagi.


Setelah melakukan proses penjurian, Elevate Women mengkurasi beberapa finalis untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Seperti Nakedinc, bulk store pertama di Jakarta yang berdiri dengan semangat sustainability. Ada juga Kutubuku, sebuah usaha yang memproduksi produk anak yang edukatif yang diharapkan dapat membangun karakter baik pada anak. Kustoom, servis jahit online yang menghubungkan penjahit rumahan dengan calon customer mereka. Selain itu, ada juga Educourse, Bartega, Timor Moringa, Aaska Production, dan masih banyak lagi.

Finalis ini dipilih berdasarkan nilai-nilai yang mereka pegang dalam bisnis serta latar belakang cerita yang mereka tawarkan kepada para Investors melalui sesi pitching yang dilakukan secara online pada tanggal 22 hingga 26 Maret 2021.

Seluruh finalis akan difasilitasi oleh Elevate Women untuk datang ke Jakarta dan mengikuti sesi pitching kedua secara langsung. Dari sini, beberapa entrepreneur perempuan terpilih akan berkesempatan untuk mendapatkan investasi dari para investors, yaitu Putri Tanjung (CEO CXO CT Corp), Gita Wirjawan (Founder Ancora Group), Setyanto Hantoro (CEO Telkomsel), Aldi Haryopratomo (Ex-CEO Gopay dan Co-Founder Mapan), Nicko Widjaja (CEO BRI Ventures), Ajeng Sekar Putih (CFO BRI Ventures), dan Neneng Goenadi (Managing Director Grab Indonesia).

"Kita udah punya modal, sebagai negara. Dimana budaya terhadap female leader itu sudah ada, jadi tinggal kita unlock [the potential] aja," kata Aldi Haryopratomo, selaku salah satu investor pada Elevate Women saat di wawancara dalam Ngobrol Sore Semaunya Ep. 30 di YouTube CXO Media. Hal ini pun ditambahkan oleh Nicko Widjaja, "Potensinya [wanita di industri kreatif] really huge. They're more disciplined than guys and I think they're more focused".

Keseluruhan acara ini akan disiarkan di YouTube CXO Media dan CNBC Indonesia TV mulai 21 April 2021. Untuk informasi lebih lengkapnya, ikuti media sosial Instagram @elevatewomen.id.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading