5 Cara Terhindar Stress Saat Kerja dari Rumah

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 April 2020 13:19
Bekerja dari Rumah? Ini Kunci untuk Tetap Disiplin
Jakarta, CNBC IndonesiaSeiring kasus virus corona terus meningkat di Indonesia, pemerintah pun masih menganjurkan untuk bekerja dari rumah atau Work From Home.Hal tersebut tentu sangat membosankan karena sudah berlangsung hampir 1 bulan. Namun di sisi lain, ada hal lain yang bisa dilakukan agar bekerja bisa lebih produktif.

Berikut beberapa kiat cepat untuk menghilangkan stress saat bekerja dari rumah.




Menjaga rutinitas

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti Anda kehilangan daya tarik Anda. Berbusanalah layaknya Anda pergi ke kantor. Tidak pernah ada waktu yang lebih penting untuk menjaga kemiripan rutin  selama periode ini.

Bangunlah, mandi, dan meriasa diri. Jika Anda hanya bangun dari tempat tidur dan langsung ke laptop akan bosan dan Anda tidak akan tahu perbedaan antara siang dan malam.

Menjaga rutinitas sederhana ini berjalan akan meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik.


Tentukan ruang kerja Anda

Jangan melakukan pekerjaan di tempat tidur. Ini hanya membuat Anda lebih depresi serius dan menurunkan produktivitas Anda.

Temukan suatu tempat di mana Anda dapat mengatur komputer Anda yang ergonomis dan jauh dari area yang Anda gunakan untuk bersantai. Sama seperti di kantor dengan meja kerja Anda, jagalah kebersihan dan kerapihannya, setelah semua rapih maka pikiran Anda pun juga semangat.

t


Istirahat
Sama seperti Anda akan istirahat makan siang di kantor, ambil waktu untuk makan di ruang makan di rumah. Sama seperti Anda akan berjalan untuk mendapatkan makan siang, berjalan-jalan saat makan siang. Beristirahatlah secara teratur walaupun itu hanya untuk berjalan di sekitar apartemen Anda atau menatap keluar jendela.



Tetap terkoneksi

Bekerja dari rumah tentu sepi dan membosankan. Manfaatkanlah  hal baru yang normal tetapi sama seperti Anda akan mengobrol dengan kolega Anda di kantor dengan aplikasi konferensi video selama di rumah. Buat grup whatsapp atau google hangout untuk mengobrol tentang hal-hal di luar pekerjaan.


Siapkan cemilan

Dalam sebulan, Anda melakukan karantina diri tentu saat bekerja perlu adanya teman untuk bekerja Anda yakni cemilan. Siapkan cemilan  karena kenyataan bahwa Anda tidak bisa keluar sesering mungkin untuk belanja selama pandemi.


[Gambas:Video CNBC]







(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading