Harta Keluarga Widjaja Sentuh Rp 134 T, Paling Berharga di RI

Lifestyle - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
06 December 2019 12:22
Harta Keluarga Widjaja Sentuh Rp 134 T, Paling Berharga di RI
Jakarta, CNBC Indonesia- Harta paling berharga adalah keluarga, apalagi jika menyebut keluarga Widjaja yang merupakan pengelola bisnis dan pewaris bisnis Grup Sinar Mas dengan kekayaan senilai US$ 9,6 miliar atau setara Rp 134 triliun.

Keluarga Widjaja masuk di posisi kedua deretan orang terkaya RI , berdasar rilis Forbes 2019 yang dipublikasikan kemarin.




Keluarga Widjaja, yang terdiri dari beberapa pewaris Grup Sinar Mas, dengan total kekayaan bersih US$ 9,6 miliar. Pendiri Grup Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja meninggal di bulan Januari lalu. Tahun lalu, Eka Tjipta menempati peringkat ketiga dengan kekayaan sebesar US$8,6 miliar.

Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas Group ini, berpulang pada Sabtu malam, 27 Januari 2019, dalam usia 98 tahun. Taipan ini lahir pada 27 Februari 1921 di Quanzhou, China dengan nama Oei Ek Tjhong. Sembilan tahun menghabiskan hidupnya di kampung halaman, pada 1932 bersama dengan ibunya bermirasi ke Makassar menyusul ayahnya yang sudah terlebih dahulu sampai di sana.



Majalah Forbes pada tahun 2018 bahkan menempatkan Eka menjadi orang terkaya yang paling tua di Indonesia. Kekayaannya mencapai US$ 8,6 miliar atau setara Rp 124,7 triliun dengan mengacu kurs Rp 14.500 per dolar AS.

Eka Tjipta yang merupakan pemilik kerajaan bisnis Sinar Mas punya lini bisnis yang sangat banyak. Mulai dari properti, agribisnis, manufaktur, finansial, telekomunikasi dan pertambangan.

Seharusnya, setelah meninggal ada anak dari Eka Tjipta yang menjadi penerus sebagai pewaris tahta pemimpin bisnis kelompok Sinar Mas.

Dalam beberapa tulisan disebutkan, Eka Tjipta memiliki dua istri yaitu, Trini dan Mellie. Dari dua istri lahir anak-anak Eka Tjipta, anak dari Trini: Teguh, Oei Hong Leong, Indra, Muktar, Frankle, Franky, Sukmawati dan Ingrid. Anak dari Mellie; Nanny, Lanny, Jimmy, Fenny, Inneke, Meilay dan Jetty.

Harta Keluarga Widjaja Sentuh Rp 134 T, Paling Berharga di RIFoto: Infografis/Jurus Rahasia Eka Tjipta Widjaja/Edward Ricardo


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading