Prajogo Pangestu, Dulu Sopir Angkot Kini Terkaya ke-3 RI

Lifestyle - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
06 December 2019 11:11
Prajogo Pangestu dicatat oleh Forbes jadi orang terkaya ke-3 RI, berharta Rp 106 triliun. Dulu pernah menjadi sopir sebelum sukses berbisnis.
Jakarta, CNBC Indonesia- Forbes baru saja merilis barisan orang-orang terkaya di Indonesia. Di posisi 5 besar, ada nama Prajogo Pangestu yang meroket ke posisi 3 di tahun ini.

Prajogo melonjak tujuh peringkat ke urutan ketiga dengan kekayaan bersih US $7,6 miliar atau setara dengan Rp 106 triliun, dari US $3 miliar tahun lalu. Kenaikan aset tersebut seiring dengan optimisme investor pada prospek perusahaan yang mengerek harga saham Barito Pacific.



Salah satu emiten milik grup Barito Pacific yang kinerjanya moncer adalah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), salah satu kilang petrokimia terbesar di Indonesia.


Jika dihitung selama tahun berjalan harga saham TPIA tercatat mampu melesat hingga 63,71% dan dapat dikatakan cukup menjadi favorit di kalangan investor asing karena berhasil menorehkan aksi beli bersih (net buy) sebesar Rp 171,79 miliar.

Perusahaan milik crazy rich Prajogo Pangestu tersebut, hari ini dijadwalkan akan melakukan peresmian pembangunan pabrik polyethylene baru yang akan terletak bersebelahan degan pabrik CAP Cilegon I, Provinsi Banten.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju akan meresmikan pembangunan pabrik baru milik Chandra Asri tersebut.

Sebagai informasi, proyek pabrik baru tersebut bernilai US$ 380 juta atau setara degan Rp 5,32 triliun. Pabrik ini akan memproduksi High Density Polythylene (HDPE), Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), dan Metallocene LLDPE (mLLDPE).



Menerima Penghargaan dari Jokowi
Pada Agustus lalu, Prajogo mendapat penganugerahan gelar tanda kehormatan 2019 dari Presiden Joko Widodo. Ia menerima tanda Penerima Bintang Jasa Utama. Selain Prajogo, pengusaha lain yang menerima penganugerahan adalah Arifin Panigoro dan TP Rachmat.

Penganugerahan ini sejalan dengan Keputusan Presiden (Keppres) 72/2019, Keppres 73/2019, dan Keppres 74/2019. Penganugerahan ini diberikan sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI.

[Gambas:Video CNBC]




Bekas Supir Angkot Kini Berharta Rp 106 T
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading