Depresi, 3 Selebritas Korea Meninggal Bunuh Diri di 2019

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar , CNBC Indonesia
25 November 2019 17:16
Depresi, 3 Selebritas Korea Meninggal Bunuh Diri di 2019 Foto: foto : IG Jelly Jilly
Jakarta, CNBC Indonesia - Angka kematian akibat bunuh diri negara Korea Selatan merupakan yang tertinggi di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, angka bunuh diri di Korea Selatan berada di tingkat tertinggi ke-10.

Negeri ginseng tersebut juga menduduki urutan kedua dalam Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) setelah negara Lithuania.

Bahkan pada 2012, bunuh diri adalah penyebab kematian tertinggi keempat di antara warga Korea Selatan. CNBC Indonesia merangkum para selebriti dari Korea Selatan yang meninggal akibat bunuh diri karena menderita gangguan kesehatan mental sepanjang 2019. Siapa saja?



Jeon Mi-Seon (1970 - 2019)
Jika kamu pecinta K-drama, mungkin kamu akan mengingat wajah aktris Jeon Mi-Seon yang selalu wara-wiri dari drama satu ke drama lain. Mi-Seon adalah seorang aktris Korea Selatan yang memenangkan banyak penghargaan di industri hiburan Korea.

Depresi, 3 Selebriti Korea Meninggal Bunuh Diri di 2019Foto: detikcom



Perempuan kelahiran 7 Desember 1970 ini terkenal karena perannya sebagai aktris pendukung dalam serial televisi Hwang Jini, Hide and Seek, dan The Return of Hwang Geum-bok, Memories of Murder, Moon Embracing the Sun, dan Hide and Seek. Mi-Seon juga memainkan peran utama dalam Love Is a Crazy Thing.


Dikutip dari CNN Indonesia, Mi-Seon ditemukan tewas di kamar hotel di Kota Jeonju pada Sabtu (29/6/2019). Ia meninggal dalam usia 49 tahun akibat bunuh diri. Mi-Seon menginap di hotel itu dalam rangka memainkan teater bertajuk 2 Nights and 3 Days with Mother.

Diberitakan Allkpop, seorang kenalan Mi-Seon menemukan sang aktris tersebut di kamar mandi di hotel sekitar pukul 11.43 waktu setempat. Kenalan itu langsung menghubungi polisi, tapi nyawa Mi-Seon tak terselamatkan.

Investigasi polisi mengungkapkan bahwa Mi-Seon secara emosional dipengaruhi oleh penyakit ibunya dan kematian salah satu kerabatnya. Agensi Jeon juga membenarkan bahwa aktris itu menderita depresi dan telah mencoba menyembuhkannya lewat terapi.





Choi Jin-Ri atau Sulli (1994 - 2019)

Penyanyi dan aktris Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal dengan nama Sulli, ditemukan tewas di kediamannya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul selatan, Senin (14/10). Menurut Polisi, perempuan berusia 25 tahun mantan anggota girlband f(x) itu ditemukan tewas oleh orang dari agensinya, SM Entertainment sekitar pukul 15:21 waktu setempat. Mereka langsung melaporkan kasus itu ke polisi.

Sulli, yang memulai debutnya sebagai salah satu anggota grup vokal f(x), menangguhkan kariernya pada 2014 di grup vokal tersebut setelah mengalami serangan komentar dan rumor daring yang berbahaya dari warganet Korea Selatan.

Depresi, 3 Selebriti Korea Meninggal Bunuh Diri di 2019Foto: foto : IG Jelly Jilly



Dalam salah satu program acara 'Truth Store' pada Oktober ini, Sulli mengaku kesulitan saat menjalani masa lalunya. Dalam acara tersebut, ia menjelaskan alasan dirinya keluar dari f(x), serta pengakuannya ketika menderita sindrom popularitas ekstrem, gangguan panik dan juga fobia sosial. Dalam acara Ia mengaku kesulitan saat menjalani masa lalunya.



Namun semasa hidupnya, Sulli merupakan selebritis yang terkenal blak-blakan dalam bersuara. Ia memiliki pandangan sendiri tentang politik, hak-hak perempuan, dan seksualitas. Jika banyak selebriti yang tidak menunjukan dukungan publik ketika Korea Selatan membatalkan larangan aborsi, Sulli malah mempertaruhkan posisinya sebagai warga yang pro dengan tindakan aborsi.

Sayangnya, bagi masyarakat Korea Selatan yang sangat konservatif, Sulli cukup 'kontroversi'. Contohnya ia pendapat bahwa ia tidak senang menggunakan bra, sebab menyesakan untuknya. Ia juga memposting foto dengan pacarnya secara publik, sehingga menggerakkan komunitas warganet yang terkenal keras di negara ginseng tersebut.




Goo Ha-Ra (1991 - 2019)
Penyanyi dan mantan anggota girlband KARA, Goo Ha-Ra ditemukan meninggal di kediamannya pada Minggu (24/11/2019) pukul 18.00 waktu setempat. Belum diketahui secara pasti penyebab kematian perempuan kelahiran 13 Januari 1991 tersebut.

Depresi, 3 Selebriti Korea Meninggal Bunuh Diri di 2019Foto: Goo Hara (Screenshot Instagram @koohara__)



Menurut keterangan polisi, ditemukan catatan pesimistis tentang kehidupannya yang ditulis tangan oleh Hara. Surat tersebut ditemukan di atas meja di ruang tamu. Lewat video CCTV, menunjukkan bahwa Hara pulang ke rumah pukul 12:35 pada tanggal 24 November. Waktu kematiannya diperkirakan setelah itu.



Namun kepolisian enggan memberitahu alasan kematiannya. Di sisi lain, pihak Goo Hara pun masih bungkam perihal peristiwa tersebut. Beberapa hari sebelum meninggal, Hara sempat mengunggah swafoto sedang tiduran di kasur dengan keterangan "Selamat tidur" dalam tulisan hangul. Saat ini postingan tersebut sudah dikomentari lebih dari 100.000 komentar yang bersedih dan kaget atas berita kematiannya.

DetikHot menuliskan, Goo Hara pernah dikabarkan mencoba bunuh diri beberapa waktu lalu. Ketika itu, sang manajer menemukan Goo Hara dalam keadaan pingsan dan segera membawa ke rumah sakit. Beruntung nyawanya masih tertolong. Setelah sembuh, Goo Hara berjanji akan menjaga diri dan juga kesehatannya.

Hara dikabarkan menderita depresi akibat mantan pacarnya Choi Jong Bum yang melakukan revenge porn. Jong Bum dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap Hara yang menyangkut kerusakan properti, serangan fisik, ancaman, dan pemaksaan. Sayangnya mengenai revenge porn, Jong Bum dinyatakan tidak bersalah. Kini warganet meminta pihak terkait untuk melakukan penyelidikan mendalam mengenai kasus tersebut.



[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading