Sulli F(x) Bunuh Diri, Netizen Julid & Kejamnya Industri Kpop

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 October 2019 17:37
Sulli F(x) Bunuh Diri, Netizen Julid & Kejamnya Industri Kpop
Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan personil girlband F(x) Sulli awal pekan ini ditemukan sudah tak bernyawa kediamannya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul Selatan. Jasadnya ditemukan oleh orang dari agensinya, SM Entertainment sekitar pukul 15:21 waktu setempat. 

Dilansir dari Yonhap News Agency, perempuan bernama asli Choi Jin-ri ini ini terlambat diselamatkan oleh tim medis.

Tim medis yang mendapatkan laporan dari manajer Sulli pada pukul 15:20 waktu setempat segera mengirimkan ambulan lokal untuk menyambangi kediaman Sulli. Namun sayang, mereka mencapai lokasi tersebut ketika Sulli sudah tak lagi bernyawa.

Pada saat mereka tiba, mereka menemukan bahwa perempuan kelahiran 29 Maret 1994 ini sudah meninggal, menunjukkan tanda-tanda henti jantung dan kelumpuhan pasca kematiannya.



Setelah mengkonfirmasikan kematian Sulli, Departemen Pemadam Kebakaran Seongnam menyerahkan kasus itu kepada otoritas Kepolisian Korea.

Menurut polisi, manajer Sulli terakhir berbicara di telepon dengannya pada 13 Oktober sampai kira-kira jam 6 sore dan sejak itu tidak mendengar kabar dari pelantun soundtrack Goblin tersebut. Karena tidak mendengar kabar, manajer pergi ke kediamannya untuk memeriksa keadaan Sulli.

Polisi melakukan pemeriksaan dan investigasi di kediaman Sulli guna menyelidiki lebih lanjut keadaan pasti dari peristiwa tersebut.

Namun apa sebenarnya sebab kematian Sulli?

Mantan rekan segrup Amber Liu dan Krystal Jung ini kerap menerima rundungan dari warganet. Dia mendapatkan serangan komentar dan rumor daring yang berbahaya dan ini menjadi penyebab dia hengkang dari grup yang membesarkannya ini.

Cabut dari f(x) pada 2014, Sulli melanjutkan karirnya dan fokus pada akting. Setelah itu dia banyak tersandung kontroversi dan jatuh bangun dalam karirnya. 

Bahkan dalam salah satu program acara 'Truth Store' pada Oktober ini, Sulli mengaku kesulitan saat menjalani masa lalunya. Dalam acara tersebut, Sulli menjelaskan alasan dirinya keluar dari f(x), serta pengakuannya ketika menderita sindrom popularitas ekstrem dan gangguan panik.

Bukannya tidak berupaya melawan komentar nyinyir netizen tersebut, Sulli justru berusaha bijak dan mempertimbangkan nasib si netizen jika dilaporkan ke aparat polisi.

Kabar soal meninggalnya Sulli akibat depresi yang menghantuinya juga diperkuat oleh tanggapan penggemar di dunia sosial. Penggemar Sulli ramai-ramai memposting tentang tindak tanduk Sulli belakangan, yang sampai menangis di instagram live dan berkata kepada para netizen. 

"Saya bukan orang yang jahat, katakan satu hal saja tentang saya (yang baik) karena saya pantas menerimanya."

Warganet tanah air pun menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya salah satu idola K-Pop tersebut. #Sulli dan #Meninggal pun menggema di twitter.

Salah satunya pemilik akun @hoopbili yang menyatakan menyesal tidak bisa melindungi Sulli.

Pemilik akun @jiunlui memberikan analisis kematian Sulli. Menurutnya Sulli tidak bunuh diri tetapi dibunuh oleh komentar jahat para netizen. Selama ini Sulli diserang secara konsisten pleh komen-komen negatif dari netizen.

Lainnya, pemilik akun @ririjaehyun juga menyebut soal menyebut soal Sulli yang pernah merasa sedih di bully oleh para hater.

Sebuah studi yang dilakukan sejak 2005 sampai 2009 oleh peneliti di Korea Selatan bahkan mempelajari kasus bunuh diri 13 artis yang terjadi sepanjang tahun tersebut. Hasilnya, mereka yang menggeluti profesi tersebut lebih rentan terpapar depresi dan keinginan untuk bunuh diri. Metodenya pun rata-rata sama, yakni memilih gantung diri. 

Untuk Kpop Idol, tekanan bahkan dimulai sejak mereka masih berprofesi sebagai trainee atau sebelum debut ke dunia keartisan. Dalam fase ini mereka harus berlatih sangat keras, mengorbankan masa-masa muda mereka semua demi debut mereka. Perusahaan agensi investasi besar-besaran dalam hal ini, sang artis bisa terikat kontrak yang mengikat mereka puluhan tahun. 

SM Entertainment sendiri sudah buka suara atas wafatnya Sulli, namun netizen masih menyayangkan sikap perusahaan yang seakan-akan tak belajar dari kasus terdahulu. Tahun 2017, SM juga kehilangan salah satu artis berbakat mereka yakni Jonghyun SHINee akibat bunuh diri.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Terkait
Features
    spinner loading