Yakin Mau Jadi Artis Kpop? Baca Nih Sistem Kontraknya!

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 October 2019 20:46
Mantan calon artis Kpop bercerita soal pengalaman semasa trainee menjadi idola di Korea Selatan, termasuk sistem kontraknya
Jakarta, CNBC Indonesia - Clara Jennifer Darren (28) pernah mencoba peruntungan di Korea Selatan sebagai salah satu trainee agensi hiburan terbesar di sana. 

Jennifer mendapatkan golden ticket dari audisi tahunan Global Audition sebuah agensi yang digelar sejak 2006 silam oleh perusahaan Korea Selatan ini. Namun, setelah dua tahun menjadi trainee, Jennifer memutuskan untuk menyudahinya.




Dihubungi oleh CNBC Indonesia, dara kelahiran 4 November 1991 membeberkan beberapa hal semasa ia menjadi trainee Kpop, termasuk kontrak kerja yang cukup ketat.

Sebelum resmi menjadi trainee, Jennifer yang mendapatkan golden ticket harus terbang ke negeri ginseng dengan modal sendiri.

"Kita ke sana dengan modal sendiri. Kalau misalnya memang terpilih, nanti kita tanda tangan kontrak dan segala macam. Itu ada trainee yang biaya full, tapi biaya fullnya aku gak ngerti gimana dan kenapa dibedakan. Mungkin karena aku foreigner," bebernya.



Menurutnya, kontrak trainee sendiri memiliki jangka waktu yang tidak ditentukan. "Jadi di dalam kontraknya itu, kalau jadi trainee harus mengikuti semua peraturan yang ada. Ada juga ketentuan sehari beberapa kali latihan nari, nyanyi, dan lain-lain. Di sana juga punya waktu untuk tidur hanya sebentar," lanjutnya.

Selain kontrak trainee biasa, ada juga kontrak trainee ekslusif khusus mereka yang akan didebutkan dalam jangka waktu tertentu. Menurut Jennifer, tuntutan dalam kontrak mereka bahkan isinya lebih banyak lagi.

"Kalau kita yang trainee biasa masih bisa punya 1-2 hari kosong, kalau mereka sudah pasti enggak ada saking padatnya," ungkapnya.

Ketika Jennifer menyudahi pelatihan tersebut, ia mengaku proses berhenti sebagai trainee pun tidak begitu drama. Sebab Jennifer adalah trainee biasa, maka ia diperbolehkan untuk keluar dari agensi kapanpun.

Yakin Mau Jadi Artis Kpop? Baca Nih Sistem Kontraknya!Foto: Jennifer Darren ex Trainee  (foto: official instagram @officialjedarren)


"Berbeda dengan trainee eksklusif. Biasanya kalau trainee yang mau debut dan ikut latihan eksklusif terus keluar, mereka akan dituntut agensi karena mereka sudah dibiayai cukup malah oleh agensi," ungkapnya lagi.

Lebih lanjut, menyoal kontrak kerja Jennifer mengakui tidak se-ekstrim yang diberitakan banyak orang.

"Iya ada memang ada yang gitu. Cuma mereka tidak bilang di awal kayak 'lo mesti tanda tangan kontrak 15 tahun sama kita' tapi mereka memperpanjang otomatis," ujar Jennifer.

Menurutnya, setiap 5 tahun sekali, agensi punya strategi dalam memperbarui kontrak kerja dengan trainee atau idol mereka.

"Dalam waktu 5 tahun, artis pasti akan naik. Di ujung perbaharuan kontrak, mereka akan dibuat proyek-proyek, yang di masa itu mereka gak boleh mengundurkan diri dalam proyek. Makanya mau gak mau mereka memperbarui kontrak kerja," jelasnya.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading