20 Maskapai Ini Katanya Teraman di Dunia, Percaya?

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 November 2019 16:31
20 Maskapai Ini Katanya Teraman di Dunia, Percaya?

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi para pelancong atau siapapun yang kerap bepergian menggunakan pesawat terbang, keamanan dalam penerbangan pastinya jadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih maskapai penerbangan.

Oleh karenanya, lembaga pemeringkat asal Australia AirlineRatings.com mengeluarkan daftar maskapai penerbangan paling aman di tahun 2019 ini. Lembaga ini meneliti 405 maskapai penerbangan di seluruh dunia untuk menyimpulkan daftar 20 maskapai penerbangan teraman di dunia.

Untuk menentukan daftar maskapai teraman ini, lembaga ini meneliti 12 kriteria berbeda, seperti hasil audit dari pemerintah, badan pemerintahan penerbangan dan asosiasi pemimpin.

Hasilnya? Maskapai asal Australia Qantas Airlines berada di urutan pertama.

 

"Qantas jelas adalah pemenang, mengingat kepemimpinan industrinya dalam inovasi keselamatan," kata kepala editor AirlineRatings Geoffrey Thomas, seperti dikutip dari CNN.

 

"20 maskapai teraman teratas adalah semua operasi yang luar biasa dan tolok ukur untuk keunggulan dalam hal keamanan dan keandalan," tambahnya.

 

Qantas telah memegang gelar maskapai teraman di dunia versi AirlineRatings dari tahun 2014 hingga 2017. Pada 2018, AirlineRatings tidak membuat daftar.

 

Berikut 20 maskapai teraman versi AirlineRatings, diurutkan berdasarkan abjad:

 

Air New Zealand

Alaska Airlines

All Nippon Airways

American Airlines

Austrian Airlines

British Airways

Cathay Pacific Airways

Emirates

EVA Air,

Finnair

Hawaiian Airlines

KLM

Lufthansa

Qantas

Qatar Airways

Scandinavian Airline System

Singapore Airlines

Swiss Airlines

United Airlines

Virgin group (Atlantic dan Australia).

 

Semua maskapai di atas memperoleh peringkat bintang tujuh, jumlah maksimum nilai dalam pemeringkatan.

 Sementara itu, daftar maskapai dengan tingkat keamanan terendah dan hanya memperoleh satu sampai dua bintang adalah Ariana Afghan Airlines, Bluewing Airlines, Kam Air dan Trigana Air Service asal Indonesia.

 Selain maskapai teraman, AirlineRatings juga membuat peringkat maskapai termurah dengan keamanan yang tinggi di dunia. Berikut adalah urutannya menurut abjad: Flybe, Frontier, HK Express, Jetblue, Jetstar Australia / Asia, Thomas Cook, Volaris, Vueling, Westjet dan Wizz.

[Gambas:Video CNBC]





(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading