Bukan Uang Tip! Ini yang Bisa Penumpang Beri ke Pramugari

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 May 2022 11:35
Pramugari

Jakarta, CNBC Indonesia - Pramugari atau pramugara memiliki peran yang penting dalam setiap penerbangan. Mulai dari membantu penumpang menemukan tempat duduknya, memberikan mainan pada bayi yang terkadang rewel di pesawat, sampai menyelamatkan penumpang dalam situasi darurat. 

Tidak sedikit para penumpang yang merasa terbantu sehingga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada pramugari. Namun beberapa maskapai penerbangan melarang penumpangnya untuk memberikan tip berupa uang kepada para pramugarinya.

Mengutip The Sun, seorang pramugari bernama Coral Lee menjelaskan pemberian tip kepada pramugari akan membuat masalah, karena hal ini bisa menyebabkan perpecahan di antara kru jika maskapai penerbangan memiliki aturan dilarang memberikan tip.


"Hal ini telah menciptakan kontroversi besar antara pramugari yang senang dengan kebijakan baru ini. Dan orang-orang yang berpikir bahwa ini adalah strategi untuk menjaga upah tetap rendah dan kami diperlakukan seperti pelayan, tidak seperti seseorang yang mungkin menyelamatkan Anda dalam keadaan darurat," kata Coral Lee.

Bukan uang tunai, penumpang pesawat yang ingin menunjukkan rasa terima kasih kepada pramugari bisa memberikan hal lain. Ada beberapa barang sederhana yang bisa jadi pilihan penumpang seperti makanan ringan. Sementara itu, pramugari lain mengungkapkan bagaimana memberi sesuatu seperti kartu hadiah bahkan bisa membuat penumpang mendapatkan perlakuan khusus selama perjalanan.

"Kami tidak pernah mengharapkannya. Tetapi jika orang ingin menunjukkan penghargaan kepada awak pesawat mereka, kartu hadiah untuk Tim Hortons atau Starbucks sangat membantu. Saya tidak bisa menjanjikan itu, tetapi (Anda) lebih mungkin mendapatkan minuman gratis jika ada suguhan untuk kru," kata dia. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Jangan Bawa 6 Barang Ini Saat Mudik Naik Pesawat


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading