Internasional

Duh, 50 Pesawat Boeing Dilarang Terbang Karena Retak

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
31 October 2019 14:34
Duh, 50 Pesawat Boeing Dilarang Terbang Karena Retak
Jakarta, CNBC Indonesia - Masalah keselamatan dalam penerbangan kembali menimpa pembuat pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing. Perusahaan tersebut mengakui telah menemukan keretakan pada 50 pesawat yang dibuat, dengan tipe 737 NG.

Tipe 737 NG merupakan pesawat yang cukup populer di dunia penerbangan. Kenyataan ini ditemukan setelah inspeksi dilakukan pada semua pesawat 737 NG yang tersebar di seluruh maskapai penerbangan global.


Juru Bicara Boeing mengatakan pihaknya sudah melakukan investigasi pada 1000 pesawat dan hanya kurang dari 5%-nya yang sudah ditemukan memiliki masalah ini. "Pesawat yang bermasalah akan dilarang terbang hingga dilakukan perbaikan, tambahnya," ujarnya dikutip AFP Kamis (31/10/2019).


Sebelumnya, sejumlah maskapai melaporkan adanya keretakan pada alat pengikat sayap pesawat (pickle fork). Akibatnya, regulator di AS kembali meminta penyelidikan dilakukan pada pesawat buatan Boeing.

Setahun ini, Boeing telah menghadapi masalah terkait pesawat jenis 737 MAX. Pesawat jenis ini dilarang terbang di banyak negara di dunia setelah mengalami dua kecelakaan fatal yang menyebabkan 346 orang tewas secara total.


Dari keseluruhan korban tewas, sebanyak 189 orang adalah penumpang pesawat Lion Air Flight 610 yang jatuh di perairan Indonesia pada Oktober 2018. Sementara sisanya adalah penumpang pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh lima bulan setelah Lion Air.

Hingga saat ini, Boeing masih dilakukan penyelidikan dan perbaikan pada pesawat 737 MAX. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS, yang turut menyelidiki penyebab kecelakaan, diperkirakan tidak akan mengijinkan 737 MAX untuk beroperasi sampai Desember 2019. 


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading