Jumlah Orang Super Kaya Naik 40%, Dunia Punya 2101 Triliuner!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 November 2019 13:36
Jumlah Orang Super Kaya Naik 40%, Dunia Punya 2101 Triliuner!
Jakarta, CNBC Indonesia - Populasi orang super kaya di dunia terus naik. Meskipun beberapa sempat terpukul akibat kondisi ekonomi tahun lalu, namun secara keseluruhan jumlah orang dengan harta jutaan dolar tetap bertambah banyak.

Mengutip data UBS, saat ini dunia memiliki 2.101 miliuner. Naik dari 5 tahun lalu yang diperkirakan hanya 589 individu. Dalam 5 tahun terakhir, jumlah kekayaan para crazy rich ini diperkirakan bisa mencapai US$ 8,5 triliun.

Kekayaan ini sempat sedikit jatuh di 2018, karena dolar AS yang terus menguat, kabar perang dagang, dan pertumbuhan ekonomi yang lesu. Tapi tetap saja, di tahun tersebut harta para orang kaya dunia secara total naik US$ 2,2 triliun dari 2013.

Crazy Rich Amerika Serikat adalah kelompok yang tak kena imbas pelemahan ekonomi di 2018. Sebab, kekayaan mereka justru naik 0,1%. Mengutip CNBC International, Amerika Serikat saat ini adalah rumah bagi 749 orang super kaya dengan harta gabungan mencapai US$ 3,6 triliun.




Tapi tenang, Asia Pasifik masih jadi markas utama orang-orang kaya dunia. Toh seperti film yang sempat populer, Crazy Rich Asians memang nyata adanya. Terdapat 754 miliuner dengan harta mencapai US$ 2,5 triliun di sana, dan wilayah ini mewakili 36% dari populasi miliuner global.

Dalam hal ini, Tiongkok menyumbang 43% dari miliuner di regional. India mencapai 14%, Hong Kong 9% dan Jepang hanya 4%.

Laporan itu juga menyoroti kenaikan penting dalam jumlah wanita yang masuk daftar orang terkaya. Saat ini ada 233 miliuner wanita di dunia, naik 46% dibanding 2013 yang hanya 160 wanita. Pertumbuhan signifikan lagi-lagi tercatat dari regional Asia untuk orang kaya wanita.

"Sementara Asia kerap dipandang memiliki budaya yang didominasi secara tradisional lebih condong pada laki-laki, ini sungguh menggembirakan melihat bahwa jumlah miliuner perempuan telah tumbuh lebih dari dua kali lipat selama lima tahun terakhir," kata Julia Leong, mitra dan pemimpin perbankan swasta pada laporan itu.

[Gambas:Video CNBC]



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading