Demi Bridge di Asian Games, Orang Terkaya RI Kontak 50 Negara

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 October 2019 14:51
Demi Bridge di Asian Games, Orang Terkaya RI Kontak 50 Negara
Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya di Indonesia, Michael Bambang Hartono dikenal sangat mencintai cabang olahraga bridge. Bahkan pemilik Grup Djarum ini sempat mewakili negara menjadi salah satu atlet bridge dan menyumbang medali perunggu untuk Indonesia.

Ditemui oleh CNBC Indonesia di Gedung DPP IKA UNDIP pada Kamis Malam lalu dalam acara bersama Diponegoro Bridge Club , pria berusia 80 tahun menceritakan perjuangannya dalam memasukkan cabang olahraga bridge ke banyak acara olahraga skala nasional dan internasional.




"Dulu sekali bridge kita usahakan untuk bisa dimainkan di PON (Pekan Olahraga Nasional) dan ternyata berhasil. Kemudian, 5 tahun yang lalu, saya usahakan bridge bisa diterima di pertandingan SEA Games, Southeast Asia Bridge. Nah itu sudah berhasil," kata Bambang.

Perjuangannya masih berlanjut. Tahun lalu, cabang olahraga bridge masuk dipertandingkan di Asian Games. "Nanti tahun 2021, bridge Asian Games akan dipertandingkan di China dan SEA Games November ini akan dipertandingkan di Kuala Lumpur, Malaysia," imbuhnya.

Ada satu perhelatan olahraga terbesar yang masih belum bisa ia tembus "Tinggal satu yang belum berhasil, sedang kita usahakan bridge supaya bisa dipertandingkan di Olimpiade," paparnya.

Ketika ditanya mengenai perkembangan memasukan cabang olahraga bridge ke Olimpiade, Bambang mengaku perjalannya berat.

"Berat sekali. Berat sekali. Itu adalah bukan wewenang saya atau pun GABSI (Gabungan Atlet Bridge Seluruh Indonesia) tapi adalah wewenang dari World Bridge Federation yang tingkatnya sudah seluruh dunia," ungkapnya.

Tentu, menurutnya, hal ini lebih berat ketimbang mengurus bridge masuk ke Asian Games. Saat itu Bambang masih berkontribusi dalam kepengurusan Asian Games.

"Saya harus menghubungkan Komite Olahraga Nasional masing-masih negara di seluruh Asia. Hampir 50 negara, semua Komite Olahraga Nasional masing-masih negara harus saya hubungi," tutupnya.

Namun semangat Bambang untuk sosialisasi olahraga ini tak pernah padam, ia misalnya juga aktif menjadi pembina di Diponegoro Bridge Club (DBC), bahkan DBC berencana menggelar turnamen bridge pada 1 hingga 3 November 2019 mendatang Auditoriom Indonesia Power, dengan hadiah total Rp 150 juta dan memperebutkan piala Ketua IKA Undip. 

Ketua DPP IKA UNDIP yang juga mantan Direktur Utama PT BTN (Persero) Tbk Maryono mengatakan komunitas ini memang lahir karena semangat dan ide dari Bambang Hartono. 

"Untuk menggerakkan olahraga bridge ini.

[Gambas:Video CNBC]

Apalagi kita sebagai alumni di Undip pernah menjuarai di Pekan Olahraga Mahasiswa. Kemudian kita masuk juga cabang olahraga di Sea Games, sehingga kita punya ide bukan hanya mengadakan turnamen internal alumni, tapi kita juga mengajak alumni-alumni yang lain," jelas Maryono. Turnamen bridge yang digelar oleh DBC ini juga sudah menjadi agenda tahunan GSBSI yang bisa menambah poin para atlet yang mengikuti kompetisi.






(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading