Mau Cuan Investasi? Ini Tips Jitu dari Orang Terkaya RI!

Investment - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 October 2019 14:16
Mau Cuan Investasi? Ini Tips Jitu dari Orang Terkaya RI!
Jakarta, CNBC Indonesia- Bicara soal cara investasi yang tepat, tak salah jika mendengar masukan dari orang terkaya di Indonesia Michael Bambang Hartono.

Dijumpai Kamis malam lalu di gedung DPP IKA UNDIP, Bambang mengibaratkan investasi seperti bermain bridge. Permainan kartu yang membutuhkan ketangkasan dan jadi favorit para miliuner dunia. "Semua usaha itu kan harus ada decision makin process, sama dengan permainan bridge. Mengumpulkan data, dianalisa, disimpulkan dan dicrikan strateginya bagaimana," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (24/10/2019).



Selain membantu dalam menentukan langkah dan investasi, menurutnya permainan bridge juga bisa membantu seseorang untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan jujur. "Ini yang paling penting," katanya.


Seperti diketahui, Forbes merilis daftar terbaru jajaran orang terkaya di seluruh dunia atau Forbes World's Billionaires 2019. Sebanyak 21 orang taipan asal Indonesia masuk dalam jajaran orang terkaya versi Forbes tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Pada tahun 2019, Hartono bersaudara masih menjadi orang terkaya di tanah air. Robert Budi Hartono (posisi 1 Indonesia/54 dunia) tercatat memiliki kekayaan senilai US$ 18,6 miliar atau setara dengan Rp 266,07 triliun jika dihitung menggunakan kurs saat ini (US$ 1: Rp 14.305), sementara kakaknya Michael "Bambang" Hartono (2 Indonesia/56 dunia) memiliki pundi-pundi kekayaan senilai US$ 18,5 miliar atau setara dengan Rp 264,64 triliun.

Forbes menyebut bahwa lebih dari dua-pertiga kekayaan Hartono bersaudara datang dari kepemilikan mereka atas PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Padahal, bisnis Hartono bersaudara tak hanya di sektor perbankan. Keduanya pertama kali menjadi kaya raya justru melalui raksasa produsen rokok di Indonesia yakni PT Djarum.




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading