Menggunung, Ini Deretan Brand yang Jadikan BTS Ambassador!

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 October 2019 11:28
Menggunung, Ini Deretan Brand yang Jadikan BTS Ambassador! Foto: BTS (Instagram/bts.bighitofficial)
Jakarta, CNBC Indonesia - Selain menjadi brand ambassador e-commerce unicorn asal Indonesia Tokopedia, boyband BTS juga pernah menjadi duta merek produk lain. Apa saja?

Puma
Pada 2015, BTS bermitra dengan brand Puma. BTS yang awalnya mempromosikan pakaian olahraga sebagai duta merek Puma Korea, malah berkembang menjadi duta Puma global pada 2018 dan mempromosikan lini 'Turin' dan 'Sportstyle' Puma di seluruh dunia.




Dior
BTS juga menjadi grup K-pop pria pertama yang berkolaborasi dengan Dior pada 2019. Mereka memakai koleksi Pre-Fall 2019 Kim Jones pada konser BTS di Stade de France. Bisnis fashion menyebutnya sebagai 'sponsor paling terkenal di industri K-Pop'.

Fila
Pada September 2019, Fila mengumumkan bahwa BTS telah menandatangani kontrak eksklusif dengan mereka untuk menjadi model baru mereka di seluruh dunia. Selanjutnya BTS juga menjadi duta merek global untuk LG Electronics dalam mempromosikan telepon LG G7 ThinQ.

Hyundai Motors
Selanjutnya ada Hyundai Motors yang memakai BTS sebagai bagian dari promosi perusahaan di 2018, dan LA Auto Show untuk 2019 SUV andalannya 'Palisade'. Karena BTS, Hyundai menerima hampir dua kali lipat volume pesanan domestik untuk jenis mobil tersebut.

Tokopedia Sampai Dior, Ini Brand yang Jadikan BTS Ambassador!Foto: BTS (Instagram/bts.bighitofficial)


Lotte Duty Free
Pada sektor pariwisata, BTS telah menjadi model untuk Lotte Duty Free Shop sejak 2017 dan sebagai duta pariwisata kehormatan untuk Seoul sebagai bagian dari program 'I Seoul U'. Iklan promosi yang diproduksi oleh Pemerintah Metropolitan Seoul bahkan ditayangkan di lebih dari 100 negara.

Line
BTS juga bermitra dengan aplikasi komunikasi Korea yang populer, Line untuk membuat karakter BTS dalam bentuk baru bernama BT21. Kolaborasi ini awalnya menghasilkan emoji dan stiker, tetapi kemudian diperluas menjadi produk pakaian, alas kaki, aksesoris, dan barang dagangan lainnya. BT21 dijual di toko-toko Line di Seoul dan menyebar pasar global ke Jepang, Taiwan, Hong Kong, dan Amerika Serikat.

Tokopedia Sampai Dior, Ini Brand yang Jadikan BTS Ambassador!Foto: BT21 (Uniqlo.com)


Di sektor hiburan, BTS menerbitkan webtoon berjudul 'Hip Hop Monster' dan 'We On' melalui portal Nate Webtoon, dan webtoon 'Save Me' bekerja sama dengan LICO dan Line Webtoon.

Mattel
Dalam industri mainan, Mattel menciptakan boneka dari model ketujuh anggota BTS dari video musik 'Idol', bahkan Medicom Toy menciptakan 'BE @ RBRICK' yaitu mainan seperti balok yang menampilkan logo BTS dan aksen yang dimodelkan setelah pakaian panggung BTS. Ada juga brand Funko yang merilis Funko Pops versi BTS.

Tokopedia Sampai Dior, Ini Brand yang Jadikan BTS Ambassador!Foto: Boneka BTS (ist/mattel)




Nexon
Di industri game, Nexon merilis avatar karakter berdasarkan BTS untuk game RPG berjudul Elsword, dan BTS bekerja dengan DalcomSoft untuk merilis game ritme Superstar BTS pada Januari 2018, serta dengan Netmarble Games untuk simulasi game mobile BTS World berbasis cerita yang dirilis pada Juni 2019.

Kookmin Bank
Di Asia, BTS telah bekerja sebagai juru bicara merek untuk KB Kookmin Bank, yaitu salah satu dari empat bank terbesar di Korea Selatan. Kolaborasi mereka menghasilkan pembukaan lebih dari 180.000 akun rekening. Setelahnya BTS memperpanjang kontrak mereka dengan KB Kookmin Bank hingga 2019.

Coca Cola
Coca-Cola Korea juga menggandeng BTS sebagai model kampanye baru mereka selama Piala Dunia 2018 di Rusia. Dalam industri kecantikan dan fashion, sejak 2016 BTS telah mempertahankan kerja sama dengan merek seragam SMART, dan kabarnya sudah memperbarui kontrak dengan BTS hingga 2019.

Mediheal
BTS juga mempromosikan merek masker wajah Mediheal, merek kosmetik VT Cosmetics, dan merek lensa kontak Play/Up. Pada Oktober 2019, Kyungnam Pharmaceutical mengumumkan bahwa BTS akan menjadi duta merek baru untuk perusahaan suplemen vitamin Lemona yang akan berencana untuk memperluas ke pasar global dengan BTS dan juga merilis minuman vitamin terbaru.

Keramik Kwangjuyo
Pada Oktober 2019, perusahaan keramik Kwangjuyo menyatakan bahwa mereka akan berkolaborasi dengan BTS dalam mengeluarkan piring, mug, dan barang-barang lainnya. Warna keramik terinspirasi oleh Map of the Soul: Persona, dan pola Plum Blossom digunakan untuk mewakili pesan harapan dan kepositifan yang dibawa BTS.

Tokopedia Sampai Dior, Ini Brand yang Jadikan BTS Ambassador!Foto: Infografis/Boyband K-Pop Terkaya Dunia/Edward Ricardo
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading