Jadi Brand Ambassador Tokopedia, Berapa Tarif Boyband BTS?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar , CNBC Indonesia
11 October 2019 16:19
Jadi Brand Ambassador Tokopedia, Berapa Tarif Boyband BTS? Foto: BTS di Grammy Awards (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNBC Indonesia - Muncul kembali setelah libur panjang, boyband asal Korea Selatan BTS kembali membuat gebrakan dengan menjadi brand ambassador (BA) e-commerce unicorn asal Indonesia, Tokopedia.

Tokopedia sendiri menjadi perusahaan e-commerce pertama di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, yang menjadikan BTS sebagai BA mereka.




Banyak Army, sebutan untuk para penggemar BTS, yang tidak menyangka ada perusahaan dari Indonesia yang berani menjadikan boyband mendunia ini sebagai brand ambassador mereka. Sebab bayaran BTS untuk menjadi brand ambassador terhitung tidak murah.


Sebagai informasi, harga BTS sebagai ambassador sebuah produk selalu naik seiring dengan perilisan album baru mereka, serta popularitas dan prestasi di tangga lagu Billboard.


Dilansir dari Naver, sampai September 2017, jika ingin kontrak BTS selama 1 tahun sebagai model sebuah produk, perusahaan harus mengocek 900 juta won (Rp 10,7 miliar). Kini harga BTS sebagai brand ambassador diprediksi mencapai 1,5 miliar won (Rp 17,8 miliar).



Selanjutnya, banyak Army yang penasaran bagaimana Tokopedia 'merayu' agensi BigHit Entertainment yang terkenal sangat selektif dalam menerima kerja sama agar BTS mau menjadi brand ambassador mereka.


Banyak jawaban yang berseliweran di media sosial, dan alasan yang paling mendekati adalah: antara BTS dan sebuah brand memiliki visi yang sama. Vice President Tokopedia, Kevin Mintaraga dalam sebuah video wawancara membenarkan hal itu.

Jadi Brand Ambassador Tokopedia, Berapa Tarif Boyband BTS?Foto: BTS (Instagram/bts.bighitofficial)



"Kami melihat adanya kesamaan value antara BTS dan Tokopedia. BTS merupakan grup yang mampu mengubah wajah industri musik di dunia. Walaupun mereka dengan segala keterbatasan dan tantangan dalam perjalanannya, dengan persistensi dan kerja keras yang luar biasa mereka mampu," ujar Kevin.


Tokopedia sendiri memiliki tagline 'Mulai Aja Dulu' untuk mendorong orang mulai lakukan apapun dengan segala macam kekurangan yang mereka miliki. Hal ini mengingatkan ketika BTS debut, yang tidak 'memiliki' modal apapun selain akun Twitter dan YouTube, namun kini mendunia karena berani memulai dari tidak punya apa-apa.




Sejauh ini, BTS telah menerima banyak penghargaan dan penghargaan, termasuk 15 penghargaan dari Melon Music Awards, 15 dari Mnet Asian Music Awards, 14 dari Golden Disc Awards, 12 dari Seoul Music Awards, 10 dari Gaon Chart Music Awards, 4 dari Billboard Music Awards, 4 dari Korean Music Awards, 2 dari MTV Video Music Awards, dan 1 dari American Music Award.


BTS yang sudah melebarkan sayap ke pasar internasional bahkan dianugerahi Orde Kebaikan Budaya Hwagwan kelas lima dari Presiden Korea Selatan untuk kontribusi mereka dalam menyebarkan budaya dan bahasa Korea.

Jadi Brand Ambassador Tokopedia, Berapa Tarif Boyband BTS?Foto: Infografis/Boyband K-Pop Terkaya Dunia/Edward Ricardo




[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading