Ditaksir Blue Bird hingga Hotman Paris, Ini Dia Tesla Model 3

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
01 September 2019 21:45
Ditaksir Blue Bird hingga Hotman Paris, Ini Dia Tesla Model 3 Foto: Peluncuran Tesla Model 3 di Jakarta (Lynda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lama dinanti, akhirnya mobil listrik yang paling ramai dibicarakan Tesla Model 3 hadir di Indonesia. Mobil asal Amerika Serikat (AS) ini didatangkan langsung oleh importir umum, Prestige Motorcars.

Tesla Model 3 memiliki tiga varian yakni Standard Range Plus penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 kilometer (km) per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Kemudian varian Long Range penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km per jam.


Terakhir, varian Performance penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam. Untuk jarak tempuh, masing -masing varian berbeda yakni Standard Range Plus yang mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dan satu kali pengisian daya.


"Ini merupakan era baru berkendara dengan kendaraan listrik dengan harga mobil yang terjangkau. Hadirnya mobil ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden [Perpres] Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang telah diundangkan pada 12 Agustus 2019," kata Rudy Salim saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Dia menuturkan bahwa mobil ini memiliki lima pilihan warna yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic dan Red Multi Coat. Selain itu ada juga velg yang tersedia yaitu ring 18 inci Aero Wheels.

Pada mobil ini disematkan User Interface yang sangat futuristik dan segala hal dalam kendaraan dan dapat diatur pada instrumen ini. Kamera mundur pada model 3 diklaim sebagai kamera mundur paling detail karena tidak hanya mampu menampilkan kejernihan visual tapi juga dapat menampilkan antara kendaraan dengan objek dalam satuan ukuran sentimeter.


Model 3 juga dapat menekan biaya operasional pengisian daya secara signifikan. Misal, satu kali pengisian daya baterai dari nol sampai penuh biayanya hanya Rp 70.000 dengan estimasi waktu pengisian selama 4 jam.

Berbicara harga, Model 3 ini dibanderol dengan harga beragam tergantung dari warna, interior dan tipe. Namun Rudi menyebut bahwa kisarannya sekitar Rp 1 miliar ke atas.

Siapa saja yang memesan? "Pertama ada Blue Bird [PT Blue Bird Tbk]. Ini masih tahap negosiasi. Dan minggu ini ngasih keputusan," kata Rudy, dikutip Detikoto, Sabtu (31/8/2019).

Ditaksir Blue Bird hingga Hotman Paris, Ini Penampakan TeslaFoto: Mobil listrik Blue Bird (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)



Sebagai catatan, sebelumnya Blue Bird sudah mengoperasikan 5 unit Tesla Model X sebagai armada ramah lingkungannya. Jadi tidak mengherankan jika perusahaan taksi ini akan membeli Tesla Model 3 yang punya harga mulai satu miliaran rupiah. CNBC Indonesia mencoba menanyakan ini kepada Noni Purnomo, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk (BIRD), tapi belum berbalas.

Tidak hanya Blue Bird, peminat Tesla Model 3 juga datang dari kalangan pesohor yang selama ini dikenal hobi mengoleksi mobil-mobil premium.

"Ada Ahmad Sahroni minat pesan satu. Juga ada Pak Hotman [Paris] mau pesan juga katanya," pungkas Rudy, masih dikutip Detikoto.

Jadi sudah tahu harganya buka, tertarik membeli mobil besutan Elon Musk ini?


(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading