5 Tips Jitu Supaya Kamu Bisa Ngopi Tanpa Takut Miskin!

Lifestyle - Lynda Hasibuan , CNBC Indonesia
12 August 2019 11:33
5 Tips Jitu Supaya Kamu Bisa Ngopi Tanpa Takut Miskin! Foto: Starbucks Milan, Italia (REUTERS/Stefano Rellandini)
Jakarta, CNBC Indonesia- Ada banyak tips menjadi kaya yang terlalu liar di mata para pakar. Salah satunya adalah ide yang menekankan bahwa kebiasaan mengopi bisa membuat miskin kaum milenial.

Sebenarnya, minum kopi ya minum kopi saja. Tidak usah khawatir jatuh miskin, jangan biarkan ide bahwa anda harus kurangi jatah jajan ngopi sekitar Rp 50 ribu sehari agar bisa kaya membayangi hidup Anda. Sebab mengurangi jajan hanya berfungsi menekan pengeluaran, bukan menambah penghasilan.




Dikutip dari CNBC Make It, hitungannya adalah jika Anda hemat jajan Starbucks Rp 50 ribu sehari maka penghematan yang dicapai adalah Rp 19 juta setahun. Dalam 5 tahun, bisa menjadi Rp 95 juta. Percayalah jika terus dihitung angka itu, Anda sendiri yang akan rugi karena jumlah itu tidak signifikan.

Jika ingin kaya, fokuslah pada meningkatkan pendapatan dan imbal baliknya lebih dari penghematan yang bisa didapat dari tak minum kopi.

Berikut adalah lima tips nyata yang dapat Anda gunakan dan benar-benar akan membuat Anda menjadi jutawan menurut CNBC Make It.

1. Investasi ke Diri Anda
Mulailah investasi untuk diri Anda sendiri, mulai dari waktu, energi, dan uang untuk meningkatkan kapasitas diri sendiri.

"Cara ampuh membantu orang yang membutuhkan adalah dengan menjadi orang yang sukses." Bantu diri sendiri agar menjadi orang hebat untuk membantu orang keluar dari garis kemiskinan. Seperti yang dilakukan oleh Grant Cordone, entrepreneur, di situs CNBC Make It, yang pada usia 25 tahun fokus mengikuti pelatihan penjualan dan berhasil menggenjot pendapatannya. Investasi untuk diri sendiri adalah yang terbaik yang bisa dilakukan.

2. Temukan pekerjaan yang tepat
Anda bisa menjadi sukses jika bisa menemukan tempat bekerja yang membuka peluang untuk terus tumbuh.

Bukan sekedar mencari pekerjaan, tapi mencari kendaraan yang tepat untuk mengantarkan Anda ke kesuksesan. Misal Anda mencari perusahaan yang bisa mengapresiasi tiap prestasi yang Anda torehkan, sehingga bukan cuma pendapatan perusahaan yang bertambah namun juga pundi-pundi rekening Anda karena berbagai alasan mulai dari bonus, komisi, sampai promosi karir yang kinclong.

3. Jadilah yang Terbaik Dalam Pekerjaan Anda
Berkomitmenlah untuk menjadi hebat, bukan hanya rata-rata.  Industri apa pun bisa menjadi pekerjaan yang menyakitkan jika Anda hanya jadi pekerja biasa dan terbawah. Tapi Anda bisa mendapat penghargaan yang berlimpah jika performa mencuat di atas rata-rata.

Mereka yang hidup, bernafas, dan melakukan pekerjaannya sungguh-sungguh dengan obsesi akan menjadi orang yang hebat.

4. Penghasilan ganda dari berbagai usaha
Sulit menjadi kaya jika hanya andalkan satu sumber penghasilan. Mulailah dengan penghasilan yang dimiliki saat ini, lalu dari sana jadikan modal untuk mencari sumber penghasilan lainnya.

Caranya bisa dengan memperluas koneksi, dan terhubung dengan sumber penghasilan utama.

5.Menabung, lalu investasikan sisanya
Pertama, cobalah kejar target untuk menabung yang tinggi. Misal Rp 100 juta! Kenapa? Karena Anda harus membuktikan bahwa Anda bisa jalan-jalan dan tetap bisa hasilkan uang.

Begitu Anda bisa mendapatkan dan menabung, maka Anda bisa mulai membangun kekayaan.  Tidak ada yang bisa kaya dengan cepat, tetapi jangan berhenti tanamkan ke diri Anda untuk tak berhenti mengejar kesuksesan.

[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading