Demi Bisnis di Bulan, Orang Terkaya Dunia Luncurkan Blue Moon

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 May 2019 11:58
Demi Bisnis di Bulan, Orang Terkaya Dunia Luncurkan Blue Moon
Jakarta, CNBC Indonesia- Ambisi bisnis orang terkaya di bumi, Jeff Bezos, benar-benar tak mengenal batas secara harfiah. Ia tak puas hanya berbisnis di bumi, kali ini ia terjun ke dunia teknologi untuk menjelajah bulan lewat mesin ciptaan pabriknya.

Jeff Bezos yang juga bos Amazon ini mendirikan perusahaan Blue Origin yang fokus pada bidang antariksa. Kamis lalu, perusahaan ini pun mengenalkan kendaraan khusus untuk menjelajahi bulannya yang pertama dan diberi nama Blue Moon, dikutip dari CNBC Internasional.

Luncurkan 'Blue Moon', Orang Terkaya di Dunia Foto: Founder, Chairman, CEO and President Amazon Jeff Bezos meluncurkan perusahaan antariksa bernama Blue Moon. (REUTERS / Clodagh Kilcoyne)





"Kendaraan ini bakal meluncur di bulan," ujar Jeff Bezos saat presentasi di hadapan undangan media terbatas, Kamis (09/05/2019).

Bezos mengatakan bulan adalah anugerah terdekat yang masih bisa dieksplorasi. Bulan, kata dia, tempat yang sangat menarik untuk membangun pabrikan di angkasa karena tingkat gravitasinya yang rendah dibanding bumi.

Memberdayakan bulan membutuhkan 24 energi lebih sedikit dibanding di bumi. Dengan Blue Moon yang berbentuk bulat, kendaraan ini bisa mengangkut beban hingga 3,6 metrik ton di permukaan bulan.

Tak cuma Blue Moon, Bezos juga mengenalkan roket BE-7 produksi perusahaannya. Mesin-mesin ini rencananya akan diuji coba perdana pada musim panas ini. Sebagian besar mesinnya, kata Bezos, dibuat dengan partisi tercetak. "Kita butuh mesin baru dan inilah mereka, kali ini kita akan pergi ke bulan dan menetap di sana," ujarnya optimistis.

Luncurkan 'Blue Moon', Orang Terkaya di Dunia Foto: Founder, Chairman, CEO and President Amazon Jeff Bezos (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)


Blue Origin, didirikan hampir dua dekade lalu, fokus tentang roket, mesin, dan kapsul yang dikembangkannya untuk bisnis di antariksa. Jargonnya adalah, "Selangkah demi selangkah, tapi sangat dahsyat."

Bezos berinvestasi lebih dari US$ 1 miliar di perusahaan setiap tahun, melalui hasil bisnisnya di Amazon.

Wakil Presiden Mike Pence awal tahun ini meminta NASA untuk mengirim astronot AS kembali ke bulan dalam 5 tahun ke depan. Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan lembaganya mencoba mengejar target tersebut dengan melakukan beberapa akselerasi program.

Dalam susunan anggaran 2020, NASA meminta dana cukup besar untuk program
Advanced Cislunar and Surface Capabilities (ACSC).  Di bawah ACSC, NASA pertama akan mengirim robot ke permukaan bulan tanpa awak, kemudian menindaklanjuti dengan astronot.  

Meskipun ada keraguan internal, NASA sedang mempertimbangkan alternatif komersial seperti Blue Origin untuk membawa astronot ke bulan.

"Saya setuju target jelajah bulan Wakil Presiden Pence tahun 2024. Blue Origin dapat memenuhi garis waktu itu karena kami memulai ini tiga tahun lalu," kata Bezos.

Sebelumnya, Blue Origin sempat memposting beberapa gambar di akun twitter mereka. Menunjukkan foto kapal penjelajah Ernest Shackleton dengan keterangan tanggal 9 Mei. Ini semacam sinyal keseriusan Bezos yang akan masuk bisnis pengiriman kargo dan bahkan astronot ke bagian kutub selatan bulan.

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading