Pisah dengan Jeff Bezos, MacKenzie Jadi Wanita Terkaya Ketiga

News - Wangi Sinintia Mangkuto, CNBC Indonesia
06 April 2019 07:56
Pisah dengan Jeff Bezos, MacKenzie Jadi Wanita Terkaya Ketiga
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemilik dan Pendiri Amazon, Jeff Bezos dan istrinya, MacKenzie, menyelesaikan proses perceraian terbesar dalam sejarah pada 4 April. Ini merupakan proses perceraian termahal dan MacKenzie akan menjadi wanita terkaya nomor tiga di dunia setelah perceraian ini.

Kedua pasangan membagi 75% saham yang mereka miliki di Amazon, dan MacKenzie akan mendapatakan seperempat dari total jumlah saham tersebu atau nilai mencapai US $ 36 miliar (Rp 508,9 triliun) dalam bentuk saham.

Mantan istri Jeff, MacKenzie Bezos, mengatakan sebagai bagian dari kesepakatan, dia akan memberikan semua sahamnya di The Washington Post dan perusahaan eksplorasi ruang angkasa Blue Origin kepada suaminya (orang terkaya di dunia) serta mengontrol pemilihan saham Amazon yang tersisa.

Jeff (55) dan MacKenzie (48), menikah pada 1993 dan memiliki empat anak. Jeff Bezos mendirikan Amazon di garasi Seattle mereka pada 1994 dan mengubahnya menjadi raksasa yang mendominasi ritel online.


Berdasarkan data Securities and Exchange Commission AS, Amazon memiliki kapitalisasi pasar sekitar US $ 890 miliar. Dari jumlah tersebut MacKenzie Bezos akan mengendalikan 4% dari saham perusahaan yang ada.

Mengacu pada harga saham Amazon saat ini, artinya MacKenzie menguasai saham perusahaan e-commerce terbesar dunia tersebut senilai US $ 35,6 miliar.

Menurut majalah Forbes, penyelesaian perceraian membuat MacKenzie Bezos menjadi wanita terkaya ketiga di dunia setelah Pewaris L'Oreal Francoise Bettencourt Meyers dan Alice Walton dari Walmart.

Jeff Bezos, yang sekarang memiliki 12% dari Amazon, tetap menjadi orang terkaya di dunia dan pemegang saham terbesar di perusahaan dengan perkiraan kekayaan US $ 110 miliar, kata Forbes, di depan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates dan chairman Berkshire Hathaway, Warren Buffett.

Jeff dan MacKenzie Bezos mengumumkan perpisahan mereka pada Januari dan memposting pesan Twitter pada 4 April yang mengungkap penyelesaian perceraian mereka.

"Bersyukur telah menyelesaikan proses penyelesaian perkawinan saya dengan Jeff dengan dukungan dari satu sama lain dan semua orang yang mendukung kami dengan kebaikan," tulis MacKenzie Bezos dalam akun Twitter seperti dilansir dari laman The Star, Jumat (05/04/2019).

"Senang bisa memberinya semua milik saya dari Washington Post dan Blue Origin, dan 75% saham Amazon kami ditambah kontrol voting saham saya untuk mendukung kontribusinya yang berkelanjutan dengan tim-perusahaan dari perusahaan yang luar biasa ini," kata MacKenzie.

"Gembira dengan rencanaku sendiri. Bersyukur atas masa lalu sambil saya menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya. "




Jeff Bezos, dalam pesan Twitter-nya sendiri, mengatakan istrinya telah menjadi "mitra, sekutu, dan ibu yang luar biasa".

"Dia cerdas, dan penuh kasih sayang, dan ketika masa depan kita terbuka, saya tahu saya akan selalu belajar darinya," katanya.

"Saya berterima kasih atas dukungannya dan atas kebaikannya dalam proses ini dan saya sangat menantikan hubungan baru kami sebagai teman dan orang tua," tambah Bezos.

Bezos telah menjaga kehidupan pribadinya tertutup selama bertahun-tahun mengendalikan Amazon.

Tapi menjadi sorotan setelah pengumuman pada Januari bahwa ia dan istrinya bercerai setelah 25 tahun menikah dan pemberitahuan oleh National Enquirer bahwa ia berselingkuh dengan mantan pembaca berita, Lauren Sanchez.

Ketika National Enquirer, yang dikendalikan oleh sekutu Presiden Donald Trump David Pecker, mengancam akan merilis foto-foto Bezos dan Sanchez yang intim, Bezos melawan balik dengan merilis rincian pertukarannya di depan umum.

"Daripada menyerah pada pemerasan, saya telah memutuskan untuk mempublikasikan apa yang mereka kirimkan kepada saya, terlepas dari biaya pribadi dan rasa malu yang mereka ancam," tulis Bezos dalam sebuah posting blog.

Seorang pengacara untuk National Enquirer membantah bahwa tabloid supermarket telah mencoba memeras pendiri Amazon tersebut.

Trump telah sering mengkritik Post, yang dibeli Bezos pada 2013, mengklaim bahwa surat kabar itu bias terhadapnya dan menyebutnya "Amazon Washington Post".

Saham Amazon ditutup turun 0,1% pada US $ 1.818,86 pada 4 April.


Perceraian  Jeff & MacKenzie Bezos Termahal di Dunia
[Gambas:Video CNBC] (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading