Gilak! Jeff Bezoz Makin Tajir, Punya Harta Rp 2.629 T

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 July 2020 09:52
FILE - In this Sept. 19, 2019 file photo, Amazon CEO Jeff Bezos speaks during his news conference at the National Press Club in Washington. On Monday, Feb. 4, 2020, Bezos asked a California court to dismiss a defamation lawsuit filed against him by his girlfriend's brother, Michael Sanchez. In Sanchez's lawsuit filed last week, the Hollywood talent manager alleges that Bezos and his security consultant Gavin de Becker falsely told reporters that Sanchez provided nude photos of Bezos to The National Enquirer.  (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harta kekayaan pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos terus bertambah. Ini membuktikan pelemahan ekonomi, dampak pandemi virus corona tidak berpengaruh pada bos Amazon itu, malah kembali naik mencapai angka tertinggi sepanjang masa.

Kekayaan ini bertambah lantaran melonjaknya harga saham Amazon mendorong kapitalisasi pasar raksasa e-commerce itu ke level tertinggi yakni US$ 1,54 triliun atau sekitar Rp 22.176 triliun.

Itu membuat Bezos, yang kini memiliki 11,1% dari perusahaan Amazon memiliki kekayaan dan memecahkan rekor $ 182,6 miliar (Rp 2.629,4 triliun) pada penutupan pasar pada hari Rabu (8/7). Dikutip Forbes, itu merupakan nilai tertinggi sepanjang masa dalam sejarah Forbes merilis data kekayaan miliuner selama hampir empat dekade.


Saham Amazon pernah turun 15% lebih dari dua pekan pada awal Maret 2020, ketika virus corona muncul di Amerika Serikat yang membuat anjlok pasar saham. Namun sejak itu, saham Amazon bangkit, meroket lebih dari 80% dari titik terendah pada 12 Maret 2020 lalu, didorong tren konsumen yang berbondong-bondong belanja online lewat e-commerce raksasa ini ketimbang ke toko langsung, akibat dari kebijakan penutupan wilayah dan jaga jarak.

Bezos pertama kali mengambil gelar orang terkaya dunia pada Juli 2017, meskipun itu hanya berlangsung selama beberapa jam karena nilai saham Amazon turun setelah kinerja keuangan pada kuartal kedua terpuruk. Kejadian ini berlangsung pada hari yang sama.

Lalu pada Oktober 2017, Bezos kembali naik ke puncak sebagai orang terkaya. Ini dipicu oleh kanaikkan harga saham yang terus naik setelah laporan pendapatan kuartal ketiga Amazon menguat dan bertahan diposisi puncak.

Dia kemudian menjadi orang terjakaya pertama dunia yang muncul dalam daftar The Forbes 400 orang Amerika terkaya pada Oktober 2018, dengan kekayaan bersih $ 160 miliar. Sebelumnya, ini dipegang oleh pendiri Microsoft, Bill Gates, telah lama memegang posisi nomor satu dan berubah menjadi filantropis.

Sekarang, Bezos lebih kaya $ 70,2 miliar dari Gates, yang merupakan orang terkaya kedua di dunia, senilai $ 110,4 miliar atau setara Rp 1.589,7 triliun.

Bezos memindahkan seperempat saham Amazonnya ke mantan istrinya, MacKenzie Bezos, sebagai bagian dari penyelesaian perceraian mereka, yang diselesaikan pada musim panas 2019. MacKenzie Bezos sekarang bernilai $ 59,8 miliar, menjadikannya wanita terkaya kedua di dunia.

Jika Jeff Bezos memegang saham-saham itu, kekayaan bersihnya akan sekitar $ 240 miliar hari ini.

Sejak April, Amazon dan Bezos telah menerima serangan balasan karena menyediakan keselamatan dan kondisi kerja yang tidak memadai di tengah pandemi.

Karyawan gudang mulai memprotes kurangnya protokol keselamatan, dengan beberapa mengklaim bahwa pekerja tidak diberitahu ketika rekan kerja didiagnosis dengan Covid-19. Karyawan teknologi Amazon kemudian melakukan protes virtual pada bulan April, dalam solidaritas dengan rekan-rekan mereka yang berbasis di gudang.

Sebagai tanggapan, Amazon telah bekerja keras untuk meyakinkan publik bahwa mereka telah membuat perubahan yang cukup pada kondisi tempat kerjanya. Menurut sebuah posting blog perusahaan, perusahaan telah mendistribusikan alat pelindung kepada para pekerjanya, memasang stasiun sanitasi, pemeriksaan suhu dan langkah-langkah keamanan lainnya di gudang-gudangnya.

Amazon juga menciptakan segmen berita yang ditulis dengan skrip yang didistribusikan ke stasiun berita lokal untuk menyoroti protokol keselamatan baru di gudang-gudangnya. Terlepas dari keluhan karyawan, bisnis Amazon dan Bezos terus semakin kaya dari hari ke hari.

Selamat buat Jeff Bezos!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saat Bos Amazon Ribut dengan Pelanggannya, Emosional Banget!


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading