Kurus Tapi Jarang Sakit, Ini Rahasia Tetap Bugar a La Jokowi

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
19 April 2019 12:21
Kurus Tapi Jarang Sakit, Ini Rahasia Tetap Bugar a La Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia- Setahun belakangan bisa dibilang agenda dan kesibukan Joko Widodo bertambah dua kali lipat. Ia tidak hanya harus menjalankan tugasnya sebagai presiden, tapi juga harus sibuk melanglang buana mendulang suara untuk kepentingan kampanye sebagai calon presiden 2019.

Dengan tubuh yang kurus, banyak yang heran kenapa selama berbulan-bulan kampanye dan bekerja hampir tidak ada berita yang menyebut Jokowi jatuh sakit.




Duh, kalau orang biasa seminggu harus diisi dengan agenda segila itu, mungkin langsung terbaring di rumah sakit berhari-hari. Sebenarnya, apa sih rahasia di balik tetap bugarnya Joko Widodo?

Dalam wawancara khususnya bersama detikcom, Jokowi mengungkap kuncinya agar sehat selalu. "Jamu itu penting, yang kedua olahraga juga penting. Kelihatannya saya olahrga seminggu cuma dua kali, tapi hariannya kan kita jalan di desa di kampung jalan di daerah kan dipikir gak olahraga itu. Itu masuk kategori olahraga," ujarnya, sebagaimana dikutip dari wawancara khusus dengan detikcom, Jumat (19/4/2019).

Kurus Tapi Jarang Sakit, Ini Rahasia Tetap Bugar a La JokowiFoto: Biro Setpres RI




Bukan cuma jalan dari kampung ke kampung sebenarnya, Jokowi dalam salah satu kampanyenya bahkan tampak basah kuyup hujan-hujanan di Tegal.

Semula, ia khawatir jika kampanye terkena hujan dan sakit esok harinya. Namun, melihat arena yang dipadati pendukung meski hujan deras dan tak ada satupun yang beranjak, membuat hatinya tersentuh dan ia menguatkan diri untuk ikut hujan-hujanan sambil meyakini diri bahwa ia tidak akan jatuh sakit.

"Saya mikir kalau saya pakai payung kok juga tidak pantas, tidak patut. Kalau tidak pakai payung hujan basah kuyup sakit tidak ya? Kemudian saya putuskan dengan istri, udah tidak akan sakit. Ibu (Iriana Jokowi) juga bilang sudah tidak usah pakai payung, bismillah kemudian naik panggung basah kuyup sampai 20 menit. Itu membekas di pikiran saya. Saya takutnya kalau sakit besoknya agenda masih banyak, ternyata alhamdulillah tidak," papar Jokowi.

Kurus Tapi Jarang Sakit, Ini Rahasia Tetap Bugar a La JokowiFoto: Infografis/Jokowi Viral/Edward Ricardo


Bukan cuma itu, dari Tegal, Jokowi juga langsung beranjak ke lokasi berikutnya yakni Brebes untuk agenda kampanye.

[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading