Sneakers Jokowi vs Oxford Prabowo di Kampanye Pilpres RI

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
04 April 2019 18:34
Sneakers Jokowi vs Oxford Prabowo di Kampanye Pilpres RI
Jakarta, CNBC Indonesia- Lantunan Bohemian Rhapsody terdengar sebagai latar saat Joko Widodo menaiki mobil milik Youtuber kenamaan Indonesia. Hingga akhirnya ia ikut teriak dan bernyanyi, "Mama just killed a man........."

Tampilan Jokowi, sapaan akrab sang presiden, juga beda. Bukan sekedar kemeja putih dan celana hitam yang ia pakai seperti sehari-hari, kali ini jaket zip-up merah dan celana jins. Di video youtube itu, Jokowi pun hanya bicara hal-hal ringan, seputar keluarga misalnya. Sesuai arahan tim kampanyenya, demi merebut suara milenial di pemilihan presiden 17 April mendatang.




Tim kampanye Jokowi yang sebagian besar terdiri dari remaja berusia 20-an, memiliki kantor yang menjulang tinggi di Jakarta Pusat. Reuters, dalam kunjungannya ke sana baru-baru ini, menyebut ada satu layar led besar di pajang di dalah satu dinding yang menunjukkan data aktivitas media sosial tim itu mengenai pemilihan presiden Indonesia.
 
Staf Jokowi mengatakan tim menggunakan data tersebut untuk menentukan referensi budaya pop yang akan dibuat presiden dalam pidato berikutnya atau untuk menentukan sepatu apa yang harus dia kenakan ke suatu acara agar dapat menarik hati pemilih muda.

Jokowi juga pernah membahas "Game of Thrones" dan "Avengers" dalam pidatonya.

Sneakers Jokowi vs Oxford Prabowo di Kampanye Pilpres RI Foto: Infografis/Jokowi Hadapi Thanos/Edward Ricardo

 
Bahkan, mengutip Reuters, Putra Jokowi juga kadang turut memberikan arahan tentang pakaian dan isi pidatonya, menurut salah seorang tim kampanye seniornya.
 
Kaum milenial, sebutan untuk orang-orang yang berusia 17-35 tahun, mewakili lebih dari sepertiga dari total 193 juta pemilih di Indonesia. Oleh karena itu, baik Jokowi maupun saingannya, mantan jenderal Prabowo Subianto, telah menggalang upaya untuk menarik perhatian milenial.
 
"Karena besarnya basis pemilih itu, kaum milenial akan memainkan peran penting dalam menentukan arah pemilihan," kata Djayadi Hanan dari jajak pendapat Saiful Mujani Research & Consulting.
 
Sebagian besar jajak pendapat menunjukkan Jokowi yang berusia 57 tahun itu, lebih unggul dua digit dibandingkan Prabowo. Sebuah survei baru-baru ini oleh jajak pendapat Roy Morgan menunjukkan sekitar 60% pemilih muda lebih menyukai Jokowi, tetapi kedua tim kampanye presiden mengatakan bahwa merayu kaum muda yang sangat apolitis di negara itu adalah sebuah tantangan.
 
Jokowi yang merupakan mantan pembuat furnitur dan besar di daerah kumuh, adalah presiden pertama Indonesia yang datang dari latar belakang keluarga non-elit. Ia pertama kali menjabat pada tahun 2014.
 
Namun sejak menjabat, para staff Jokowi mengatakan para pendukung muda-nya "tidak lagi mengenalinya". Oleh karena itu Jokowi disarankan untuk membuat citra yang lebih santai.

"Karena dia harus menjadi lebih formal, narasi 'bocah desa' kali ini hilang," kata ajudan kampanye seniornya, yang menolak disebutkan namanya.
 
Hal itulah yang membuat tim kampanye diperlukan.
 
"Kami dapat melihat secara langsung (real-time) apa yang membuat orang beranggapan baik atau buruk... Kami sangat berterus terang dalam menyampaikan hal itu kepada presiden," kata ajudan itu, seraya menambahkan bahwa Jokowi mendapatkan ringkasan data media sosial hampir setiap hari.

Sneakers Jokowi vs Oxford Prabowo di Kampanye Pilpres RI Foto: Calon Presiden 01 Joko Widodo dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto saat mengikuti Debat Capres ke-empat dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional di Hotel Shangri-La, Sabtu (30/3/2019). (REUTERS / Willy Kurniawan)

 
Sneaker vs Oxford
Bertolak belakang dengan Jokowi yang suka memakai kemeja putih dengan lengan yang digulung, celana jeans, dan sepatu olahraga berwarna cerah, Prabowo lebih sering mengenakan setelan jas dan sepatu oxford.
 
Pada bulan Maret, Jokowi pernah memposting komik strip animasi di media sosial yang menceritakan Jokowi bertemu dengan dirinya yang lebih muda dan mereka mendiskusikan pencapaian pemerintahannya.
 
Jokowi juga menerapkan strategi kampanye yang terinspirasi dari buku pedoman milik Perdana Menteri India Narendra Modi, di mana ia telah mulai menggunakan proyeksi holografik tentang dirinya sendiri untuk berbicara kepada para pemilih di kampanyenya.

Sneakers Jokowi vs Oxford Prabowo di Kampanye Pilpres RI Foto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto

 
Para analis mengatakan Prabowo kurang populer di kalangan pemilih muda lantaran memiliki citra orang kuat yang berasal dari zamannya sebagai kepala pasukan khusus di bawah penguasa otoriter Suharto.
 
Namun, kini Prabowo mulai mengubah citranya setelah mendapat saran dari tim kampanyenya. Ia lebih sering mengenakan kemeja khaki dan kacamata hitam penerbang di kampanye unjuk rasanya saat ini.
 
"Sangat jarang melihat sisi yang lebih lepas dan selera humornya. Kami telah mencoba mengekspos sisi dirinya," kata juru bicara kampanye Dahnil Anzar.
 
Tim Prabowo juga telah memposting foto dirinya dengan kucingnya, yang populer secara online. Kucing itu sekarang memiliki akun Instagram sendiri.

Sneakers Jokowi vs Oxford Prabowo di Kampanye Pilpres RI Foto: CNBC Indonesia/Pablo

 
Pasangan calon Prabowo, pengusaha dan pelari maraton amatir Sandiaga Uno, dipilih karena memiliki daya Tarik yang besar baik secara online maupun offline di kelompok pemilih muda dan perempuan.
 
Sebagai pembicara utama di sebuah acara baru-baru ini untuk wirausahawan muda, Uno (49 tahun), bergabung menari dengan sekelompok breakdancer di atas panggung sebelum menendang bola ke kerumunan mahasiswa.

Popularitas Uno dan kampanye ekstensif di seluruh negeri telah membantu meningkatkan keterpilihan Prabowo, kata para staffnya.

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading