Debat dengan Prabowo, Jokowi Bawa-bawa 'Dilan'

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
31 March 2019 10:26
Debat dengan Prabowo, Jokowi Bawa-bawa 'Dilan'
Jakarta, CNBC Indonesia - Ada yang menarik dalam debat calon presiden (capres) keempat, yang diikuti hanya oleh calon presiden nomor urut 01 sekaligus petahana Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, Sabtu (30/3/2019).

Saat menerima pertanyaan mengenai penggunaan sistem elektronik dalam pelayanan publik, Jokowi mengunggulkan "Dilan" sebagai salah satu program pemerintahan. Apa itu?



Dilan yang dimaksud Jokowi ternyata singkatan dari 'Digital Melayani'.


"Ke depan menerapkan pemerintahan Dilan, digital melayani. Nantinya akan dilakukan reformasi pelayanan publik lewat elektronik," ujar Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan diperlukan penajaman dan penyederhanaan kelembagaan, peningkatan sumber daya manusia dan aparatur negara, serta reformasi tata kelola.

Debat dengan Prabowo, Jokowi Bawa-Bawa 'Dilan'Foto: Debat Terbuka Pertahanan Pertahanan Kapal Selam (CNBC Indonesia TV)

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan soal keberadaan Pancasila yang merupakan kesepakatan para pendiri bangsa dan pemimpin bangsa. Pancasila menyatukan beragam organisasi, ras, suku, dan agama.

"Sudah menjadi kewajiban kita menjaga, merawat, menjalani kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila."



Visi Jokowi lainnya yakni peningkatan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) TNI. Yang terpeting lainnya yakni kemampuan penguasaan teknologi dan cyber.

Dalam hal politik luar negeri, tegas Jokowi, Indonesia tetap mengedepankan asas politik bebas aktif. Bebas menjalankan, memperjuangkan kepentingan nasional, dan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia.


Saksikan cuplikan debat capres tersebut dalam video ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading