Cuan Miliaran Sehari, Gilanya Transaksi di Pameran Mainan Ini

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
17 March 2019 19:15
Cuan Miliaran Sehari, Gilanya Transaksi di Pameran Mainan Ini Foto: foto/Toys and Comic Fair 2019/Edward Ricardo
Jakarta, CNBC Indonesia- Ekonomi Indonesia tengah melambat? Daya beli turun? Mohon maaf, istilah pesimistis di atas tidak dikenal bagi para pemburu mainan di Indonesia.

Berkunjung lah ke Balai Kartini di akhir pekan ini, selama dua hari digelar Jakarta Toys and Comic Fair yang dipadati oleh belasan ribu pengunjung.


"Kemarin pengunjungnya sampai 12 ribu orang, hari ini bisa lebih banyak. Perkiraan bisa capai 25 ribu hingga 30 ribu orang untuk dua hari ini," ujar Riza Satyagraha, Ketua Penyelenggara Jakarta Toys dan Comic Fair saat dijumpai CNBC Indonesia, Minggu (17/3/2019).


Dengan belasan ribu pengunjung dalam sehari, Riza memperkirakan transaksi yang berseliweran bisa mencapai hingga miliaran rupiah. Pantauan CNBC Indonesia, harga mainan yang ditawarkan di sini bervariasi mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 15 jutaan.

Mainan yang ditawarkan bisa untuk berbagai klasifikasi umur, dari anak kecil hingga bapak-ibunya sekalian. Maklum, ini adalah event pameran mainan terbesar di Jakarta menurut Riza.

Secara kasar, jika dari 12 ribu pengunjung itu hanya separuh yang membeli mainan dengan rata-rata habiskan uang hingga Rp 1 juta rupiah (dan rata-rata lebih). Maka, uang yang lalu lintas di pameran ini paling kecil bisa mencapai Rp 6 miliar sehari.

Cuan Miliaran Sehari, Gilanya Transaksi di Pameran Mainan IniFoto: foto/Toys and Comic Fair 2019/Edward Ricardo

Sebut saja Andre, 23, pemuda ini tak segan habiskan Rp 5,5 juta untuk sekali gesek. Padahal ia belum ada satu jam di pameran ini, dan masih berputar-putar. "Tadi habis beli hot toys, karena emang lagi incar itu. Ini masih mau mutar lagi, kalau ada yang bagus bisa dibeli lagi," katanya sambil tertawa.

Andre tidak sendirian, para pedagang juga gila-gilaan mendapat cuan. Seperti diakui oleh Eric Thianto dari Multi Toys, ia mengaku saat ini memang para pemburu mainan sedang mencari segala sesuatu yang terkait dengan Avengers. "Karena ini kan mau tayang yang Avengers: End Game sedikit lagi, untuk Hot Toys Iron Man bisa habis sampai 200 pieces," katanya.

Riza melanjutkan penggila mainan di Jakarta memang bertambah banyak setiap tahun. "Dulu waktu 2005 kami bikin pameran paling yang berkunjung 1500 orang, sekarang bisa 10 kali lipat lebih," katanya.

Pameran mainan yang digelar SACCA Production ini berlangsung untuk ke-15 kalinya di Jakarta, saat ini. "Kami tidak hanya sekedar mewadahi para komunitas dan pengunjung untuk bisa saling berinteraksi, tapi secara ekonomi kreatif juga ada perputaran uang dan bisnis yang cukup bagus," jelasnya.

Saksikan video tentang bermain game bisa jadi ladang penghasilan di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading