Salut, Ini Wanita di Balik Terbongkarnya Mega Skandal Seungri

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 March 2019 17:17
Salut, Ini Wanita di Balik Terbongkarnya Mega Skandal Seungri
Jakarta, CNBC Indonesia- Skandal prostitusi, dugaan penyuapan polisi, kekerasan seksual, yang dilakukan berjamaah oleh Seungri dan kawan-kawan kini tengah jadi sorotan utama publik Korea Selatan. Tahukah Anda, ada peran seorang jurnalis wanita pemberani yang mendalami kasus ini bertahun-tahun sebelum ia tulis dan bongkar ke permukaan.

Adalah seorang reporter perempuan bernama Kang Kyung Yoon yang menulis berita pertama tentang pembicaraan grup chatting Kakaotalk Seungri dan Jung Joon Young, yang di dalamnya berisi soal pamer video seksual dan penyediaan jasa prostitusi.




Dilansir dari Naver, dalam wawancara 12 Maret 2019 Kang Kyung Yoon pun buka-bukaan kronologis dalam meliput skandal terbesar di negeri ginseng saat ini.

Ia mulai mengendus adanya ketidakberesan dengan Seungri sejak 2015, ketika itu sang personel salah satu boyband terbesar di Korea Selatan, BigBang, menggelar pesta besar-besaran yang dijuluki Seungtsby Party. Seungtsby kependekan dari Seungry dan Gatsby, tokoh dari cerita fiksi The Great Gatsby.



"Saya memutuskan untuk menulis isu tentang adanya wanita hiburan di pesta besar itu, di mana Seungri mengundang para pebisnis kakap, investor luar negeri, untuk berpesta. Ini digelar sebelum Seungri mendirikan perusahaan Yuri Holding pada 2016," ujar si jurnalis.

"Saya tahu bahwa pesta itu digelar untuk mengembangkan bisnisnya," lanjut Kyung Yoon. Kecurigaan Kyung Yoon semakin kuat ketika ia menemukan bukti dan sumber yang mengetahui tentang grup chat Kakaotalks Seungri dan kawan-kawannya. Dalam grup chat itu sempat disinggung soal Seungri yang memesan jasa pekerja seks untuk melayani para pebisnis.

Salut, Ini Wanita di Balik Terbongkarnya Skandal Seks SeungriFoto: Infografis/Infografis seungri dan sisi gelap industri kpop/Aristya Rahadian Krisabella


Kang Kyung Yoon juga menambahkan kemudian setelah ditelusuri ia menemukan lagi bukti percakapan yang janggal, di mana para anggota grup chat berbagi video aktivitas seksual wanita dengan beberapa wanita. "Saya tahu bocoran soal grup chat itu sejak 2 tahun lalu, dan beberapa selebriti wanita juga mengaku pernah diperlihatkan isi grup chat tersebut," jelasnya.

Di situ tekadnya menguat, apalagi sebagai perempuan ia wajib untuk membongkar kasus ini. Dia bahkan becerita dari beberapa narasumber yang ia temui, diketahui bahwa Seungri sering mengundang seleb-seleb debutan baru berusia 20 tahun-an untuk minum bersama. Lalu, lanjutnya, para selebriti muda ini dibikin mabuk dan diajak melakukan hubungan seksual untuk kemudian direkam diam-diam.

"Fakta bahwa orang ini mengundang wanita-wanita muda berusia 20 tahunan, mahasiswi dan selebritis, untuk minum lalu diajak tidur semalam sambil direkam diam-diam, membuat saya tertampar!"

Kang Kyung Yoon bertekad ia harus menemui para korban, yang direkam dan difoto sembunyi-sembunyi. Dan saat ditemui, para korban benar-benar tidak tahu bahwa mereka diam-diam direkam dan disebarluaskan oleh Seungri dan kawan-kawan. Dibagikan ke orang-orang, yang bahkan para wanita ini tidak mengenalnya.

"Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka sangat terkejut, takut, tidak yakin apa yang harus dilakukan, dan meminta saya untuk membantu mereka."

Menurut Kang Kyung Yoon, para korban sedang mempertimbangkan apakah akan mengambil tindakan hukum atau tetap diam dan melindungi identitas mereka. 

Salut, Ini Wanita di Balik Terbongkarnya Skandal Seks SeungriFoto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)


Semua korban sangat marah dan ingin mengambil tindakan hukum yang kuat, mereka juga khawatir bahwa mereka harus hidup dengan label korban video mesum tersembunyi.

"Saya paling terkejut bukan soal bagian direkam diam-diam dan tanpa persetujuan korban. Tapi para pelaku ini benar-benar menganggap wanita sebagai mainan. Misal jika mereka lihat seleb wanita muda, mereka akan meminta agar wanita itu diajak minum dan keluar bersama (untuk selanjutnya dijebak)," ujar Kyung Yoon.

Kyung Yoon mengaku banyak terima email keluhan dari penggemar Seungri, dan ketakutan akan isu yang terus melebar.

"Saya mengerti bahwa penggemar mengirimi saya email dengan keluhan karena mereka menghargai dan mencintai Seungri. Namun, saya juga mengakui bahwa ini adalah masalah yang ada di masyarakat tempat kami tinggal. Para korban masih di sini, dan begitu juga rasa sakit mereka dari kejadian ini. Saya harap (penggemar) juga mempertimbangkan situasi itu juga. "

Kang Kyung Yoon mengungkapkan rencananya untuk menulis laporan lebih lanjut. Reporter itu mulai memiliki gagasan yang utama yakni melaporkan masalah yang terjadi klub Burning Sun. 

Masalah inti dari kontroversi dengan klub Burning Sun sendiri mencakup hal-hal serius seperti narkoba, kamera tersembunyi, koneksi ke polisi, dan lainnya.

"Selain itu, saya percaya bahwa insiden selebriti pria secara diam-diam memfilmkan wanita adalah masalah besar yang dihasilkan dari kenyataan bahwa banyak wanita diperlakukan sebagai alat seksual dan persepsi terdistorsi beberapa orang tentang seks yang berasal dari seksualisasi wanita, serta penyalahgunaan kekuasaan di industri hiburan," kata dia.

Kang Kyung Yoon menyimpulkan, bahwa saat ini, banyak selebriti Hallyu yang mendapatkan lebih banyak kekuatan, ketenaran, dan popularitas. Akibatnya, ada juga mereka yang menyalahgunakan hal-hal yang diberikan kepada mereka sebagai selebritas.

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading