3 Wanita Ini Sukses Jadi Miliuner Dunia Berkat Jual Lipstick

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 March 2019 17:31
3 Wanita Ini Sukses Jadi Miliuner Dunia Berkat Jual Lipstick
Jakarta, CNBC Indonesia- Untuk punya perusahaan dan kekayaan seharga triliunan rupiah, tidak perlu repot-repot bangun bisnis yang membingungkan seperti pertambangan, elektronik, perangkat teknologi, atau start up.

Tiga perempuan ini memiliki kekayaan mencapai US$ 1 miliar atau Rp 14 triliun hanya dengan bermodal jualan lipstick dan kosmetik lainnya.

Berikut adalah 3 wanita hebat yang sukses berbisnis gincu yang dirangkum CNBC Indonesia.





Kylie Jenner
Meski terlahir dari keluarga kaya raya bukan berarti Kylie Jenner ongkang-ongkang kaki sambil posting instagram saja. Kylie yang merupakan bungsu dari keluarga 'Kardashian' mulai berbisnis di 2015, artinya saat itu ia masih berusia 18 tahun. 

Lini bisnis pertamanya adalah peluncuran gincu dengan brand yang menggunamakan namanya sendiri, "Kylie". Tanpa disangka, bisnisnya ini laris manis dan jadi langkah awal untuk membangun kerajaan 'Kylie Cosmetics'.
3 Wanita Ini Sukses Jadi Miliuner Dunia Berkat Jual LipstickFoto: Forbes (Instagram Kimkadarshian)


Untuk berbisnis, Kylie menggunakan uangnya sendiri dan ia langsung memproduksi 15 ribu lipstick. Tanpa diduga, laris dalam sekejap. Padahal, harga lipsticknya tidak murah yakni kisaran $ 29 atau sekitar Rp 450 ribuan.

Dilansir dari Forbes, bisnis kosmetik Kylie di tahun pertama bisa hasilkan hingga US$ 307 juta (Rp 4,3 triliun), dan terus naik sedikit demi sedikit tahun berikutnya. Sampai di 2018 lalu, Kylie memutuskan bekerja sama dengan Ulta untuk jual produk-produknya. Alhasil, Kylie Cosmetics bisa tembus penjualan hingga US$ 360 juta. 

3 Wanita Ini Sukses Jadi Miliuner Dunia Berkat Jual LipstickFoto: 61 Grammy Awards - Kedatangan - Los Angeles, California, AS, 10 Februari 2019 - Kylie Jenner. REUTERS / Lucy Nicholson


Forbes menghitung nilai bisnis kosmetik Kylie mencapai US$ 900 juta, dan kalau ditambah sana-sini dari bisnis 'entertainment' lainnya, ibu muda ini bisa memiliki kekayaan hingga US$ 1 miliar. Dahsyat!




Huda Kattan
Merek kosmetik Huda Beauty tidaklah asing di telinga para pecinta kecantikan. Sang pemilik Huda Kattan membangun bisnis ini pun tak semudah yang dibayangkan.

3 Wanita Ini Sukses Jadi Miliuner Dunia Berkat Jual LipstickFoto: CNBC International


Dilansir CNBC Make It, Kattan mengatakan bahwa kesuksesan bukan hanya bekerja keras tapi dengan mencapai kepuasan atau fulfilment.

Pendiri dan influencer kecantikan ini tidak pernah berencana untuk menjadi pengusaha. Bahkan, hampir satu dekade yang lalu dia bekerja keras di pekerjaan yang tidak selalu mencerminkan semangat sejatinya. Kattan adalah lulusan Universitas Michigan-Dearborn jurusan keuangan. 

Lantaran tak memiliki arah sang adik pun mendesaknya untuk memperdalam ilmu riasan yang merupakan hobinya sejak lama. Kattan kembali ke sekolah untuk mendapatkan sertifikat dalam seni rias wajah dan mulai mempraktekkan keahliannya di Revlon. 

3 Wanita Ini Sukses Jadi Miliuner Dunia Berkat Jual LipstickFoto: CNBC International


Dari kecantikan ini pun nama Huda Beauty mulai dikenal dan diperhitungkan sebagai sebagai penata rias di siang hari dan seorang blogger pada malam hari. Ia pun menumbuhkan pengikut dengan membuat tutorial rias dan berbagi kiat ahli di channel Youtubenya.

Menurut Forbes, Huda kini memiliki perusahaan dengan valuasi US$ 1 miliar. Bahkan saat ini dia memiliki lebih dari 2 juta subscriber di YouTube dan 28 juta di Instagram.



Suzie Wokabi
Nama Suzie Wakobi mungkin masih terdengar asing dikalangan pecinta kecantikan. Tapi siapa sangka dia  merupakan salah satu wirausahawan wanita paling luar biasa di Kenya dalam bidang kosmetik. 

Delapan tahun yang lalu, ia mendirikan Suziebeauty, merek kosmetik asli Kenya terkemuka setelah karier yang sukses sebagai artis tata rias televisi di Los Angeles, California. 

3 Wanita Ini Sukses Jadi Miliuner Dunia Berkat Jual LipstickFoto: Suzi Wokabi (Forbes.com)


SuzieBeauty saat ini telah memproduksi beberapa kosmetik, mulai dari lipgloss, lipstik, eye shadow, maskara, dan concealer. Siapa sangka? Suziebeauty saat ini adalah merek yang sangat sukses dan kebanggan perempuan Kenya perkotaan kalangan atas.

Kendati merek Suziebeauty telah diakuisisi oleh The Flame Tree Group  setahun yang lalu, tapi sebagian besar timnya ikut serta untuk terus menumbuhkan merek tersebut. Sebab tanpa Suzie yang hebat, SuzieBeauty tidak akan ada. Soal omzet dan nilai perusahaan memang tidak diungkap terang-terangan, tapi Forbes menyebut SuzieBeauty bernilai hingga jutaan dolar AS atau setara dengan bisnis Kylie Jenner dan Huda Kattan.

Simak video tentang deretan orang terkaya di Bumi di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading