Bukan AS, Nigeria Jadi Sarang Crazy Rich Dunia di Masa Depan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 January 2019 14:43
Bukan AS, Nigeria Jadi Sarang Crazy Rich Dunia di Masa Depan
Jakarta, CNBC Indonesia- Raksasa ekonomi seperti AS, China, dan Jepang bisa jadi negara dengan proporsi crazy rich terbanyak di dunia. Tapi, soal melahirkan miliuner-miliuner baru justru tersebar di negara-negara yang tak terduga.

Menurut sebuah laporan terbaru dari firma riset kekayaan Wealth-X, diketahui negara-negara dengan pertumbuhan orang kaya tercepat justru ada di negara berkembang di benua Asia, Afrika, dan Eropa.

[Gambas:Video CNBC]




Studi yang diambil dari buku Wealth-X yang berjudul "High Net Worth Handbook 2019," mengacu pada penelitian lebih dari 540.000 individu berpenghasilan tinggi.

Dimana peserta survei memiliki kekayaan US$ 1 juta (Rp 14 miliar) hingga US$ 30 juta (Rp 425 miliar), penelitian dilakukan untuk memperkirakan prospek pertumbuhan kekayaan global lebih dari lima tahun ke depan. 

Ini memperhitungkan tingkat kekayaan saat ini, perkiraan pertumbuhan populasi dan mengantisipasi peluang investasi di masa depan.

Laporan itu menemukan bahwa negara Afrika Barat, Nigeria, bercokol di daftar terdepan dengan laju pertumbuhan orang kaya setinggi 16,3% hingga 2023.

Diikuti oleh negara Mesir dengan laju 12,5 persen, dan Bangladesh 11,4 persen.

Yang pasti, akan jauh lebih sulit bagi petahana seperti AS dan China dengan populasi masing-masing miliarder 8,7 juta dan 1,9 juta - untuk bisa mencatat angka yang sama, meskipun China diperkirakan akan mengalami pertumbuhan signifikan.


"Sepuluh negara teratas dengan populasi orang kaya yang tumbuh cepat adalah kelompok beraneka ragam. Dengan ukuran pertumbuhan kita akan melihat beberapa negara yang kurang makmur dengan populasi HNW kecil tetapi Polandia dan Kenya adalah dua kasus yang mengejutkan," kata laporan itu.

Sumber pertumbuhan kekayaan masing-masing negara juga berbeda. Negara-negara kaya komoditas seperti Nigeria dan Mesir kemungkinan besar dapat menghubungkan banyak akumulasi kekayaan mereka dengan ekspor energi, Wealth-X mencatat dalam laporan terpisah dari 2018. 

Sementara itu, Bangladesh yang telah menyaksikan pertumbuhan penduduk kaya raya yang paling cepat di dunia (mereka yang memiliki kekayaan bersih lebih dari $ 30 juta) selama lima tahun terakhir dan memperoleh keberhasilannya dari urbanisasi yang cepat dan peningkatan investasi infrastruktur.

Vietnam, India, Filipina, dan Kenya adalah beberapa negara lain yang merasakan dampak dari investasi struktural yang lebih besar. Sementara Ukraina dan Polandia dapat menghubungkan pertumbuhan baru-baru ini dengan keuntungan di sektor teknologi mereka.

Terakhir China, adalah sarang untuk kekayaan baru, terus mendapat manfaat dari agenda ekonomi nasional komprehensif pemerintahnya. Raksasa Asia ini diperkirakan akan menjadi rumah bagi 32 dari 40 kota dengan kekayaan dunia selama lima tahun ke depan.

Berikut adalah daftar lengkapnya: Nigeria, Mesir, Bangladesh, Vietnam, Polandia, China, Kenya, India, Filipina, Ukraina. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading