Masuk Indonesia, Harga Ferrari Naik 300% Karena Pajak

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
25 November 2018 15:43
Masuk Indonesia, Harga Ferrari Naik 300% Karena Pajak
Jakarta, CNBC Indonesia - Mobil mewah asal Italia, Ferrari, menjadi dambaan kaum jetset. Di Indonesia, Ferrari bekas sampai baru memiliki harga jual sekitar Rp 2 miliar sampai Rp 15 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) Hanan Supangkat. Pria yang menjabat sebagai Ketua FOCI sejak 2017 lalu itu mengatakan kalau kini harga Ferrari di Indonesia kian meningkat.

Masuk ke Indonesia, harga Ferrari bisa naik 300% dari harga asli. Itu karena banyak pajak yang harus ditanggung pembeli.


"Contoh saja misalnya harga mobil Rp 2 miliar, kena pajak kira-kira 300% kayak pajak barang mewah, bea masuk, belum lagi untuk DKI itu ada BBN, semua mesti dipatuhilah. Mungkin sampai di Indonesia menjadi Rp 7 miliar hingga Rp 8 miliar. Jadi ya mahal, kalau beli di Italia ya kira-kira Rp 2 miliar bisa dipakai di sana," papar Hanan ketika ditemui secara eksklusif dengan CNBC Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta Pusat.



Belum lagi belakangan ada kebijakan pemerintah yang meningkatkan bea masuk barang mewah. Menurut bos pakaian dalam 'Rider' itu, tipe Ferrari terbaru di Indonesia sudah di atas Rp10 miliar karena kebijakan tersebut.

Lonjakan harga yang tinggi diakui Hanan menurunkan minat orang kaya Indonesia terhadap Ferrari. Untuk dua tahun belakangan, tren pembelian Ferrari lebih menurun.

"Beberapa tahun ada kebijakan pemerintah bea masuknya dinaikan jadi sekarang harganya agak mahal. Ferrari baru itu di atas Rp 10 miliar. Mungkin kalau range harga Rp 7 miliar sampai Rp 8 miliar masih banyak peminatnya. Kalau sekarang di atas Rp 10 miliar jadi pertimbangannya banyak, ini kan bukan kebutuhan primer," tambahnya.

(ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading