Crazy Rich Asians Pilih Negara Ini untuk Sekolahkan Anaknya

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
21 November 2018 15:12
Crazy Rich Asians Pilih Negara Ini untuk Sekolahkan Anaknya
Jakarta, CNBC Indonesia- Setiap orangtua tentu ingin selalu memberikan yang terbaik buat anaknya, termasuk dalam memilihkan pendidikan. Tak heran bila banyak anak orang kaya yang menempuh pendidikan di luar negeri.

Menurut data World Class Education yang mendapat laporan dari survei Keystone Tutors and Wild Research, Inggris menjadi negara paling populer tujuan anak-anak crazy rich Asia mengejar pendidikan. Survei diambil dari 150 wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal di sektor, pendidikan independen Inggris, termasuk kepala sekolah, petugas administrasi, konsultan, hingga ahli relokasi.

[Gambas:Video CNBC]


Survei tersebut mengungkap bagaimana keluarga dari crazy rich di dunia memandang sekolah Inggris menjadi yang terbaik. Inggris dianggap memiliki kualitas pendidikan terbaik dibanding negara maju lainnya seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, hingga Eropa.



Secara signifikan, temuan menunjukkan kalau sebagian besar responden atau sekitar 66% percaya kalau Inggris memiliki kualitas pendidikan yang bagus. 61% responden juga menuturkan kalau kualitas pendidikan Inggris tak berubah selama 12 tahun terakhir meski terjadi berbagai gejolak di dunia.

24% responden bahkan menyebut kalau minatnya meningkat terutama dari kalangan orang kaya Asia. Laporan juga menemukan kalau dua motivasi terbesar para orangtua mengirimkan anak-anak mereka buat belajar di Inggris adalah kualitas dan prestige dari nama sekolah atau universitasnya.

Untuk tingkat sekolah menengah, orangtua melihat faktor pendorong lain seperti memudahkan mereka memasukkan anak ke salah satu universitas ternama di Inggris. Sementara yang memilih universitas, pertimbangannya lebih ke budaya serta gaya hidup. 

"Sekolah-sekolah independen di Inggris telah lama memproyeksikan citra keunggulan, berkelanjutan, serta andalan. Citra itu terus bergema di seluruh dunia. Sekolah di Inggris dianggap tidak kebal terhadap tren global tapi mereka memiliki ambisi, kedinamisan, dan kemandirian sehingga terus maju," ujar Direktur Keystone Will Orr-Ewing seperti dilansir dari South China Morning Post.

Will juga mengatakan biaya pendidikan di Inggris sangat mahal jadi hanya anak-anak orang kaya yang mampu menempuhnya. Selain itu, fakta yang ada kalau banyak akhirnya anak-anak crazy rich Asia yang akrhinya menetap di Inggris setelah sekolah.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading