Mau Jadi Crazy Rich? Ini Minimal Harta yang Wajib Dimiliki

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
20 November 2018 10:50
Mau Jadi Crazy Rich? Ini Minimal Harta yang Wajib Dimiliki
Jakarta, CNBC Indonesia- Berapa harta yang dimiliki sekarang? Jika sudah segunung, mungkin Anda termasuk salah satu bagian dari crazy rich dunia. 

Dilansir dari CNBC internasional, menurut laporan Global Wealth Report 2018 dari Credit Suisse Research Institute, untuk menjadi orang kaya di dunia dan masuk urutan 10% teratas dibutuhkan nilai harta sejumlah US$93,170 atau Rp1,3 miliar. 

[Gambas:Video CNBC]


Jika jumlah harta sudah melampaui nilai tersebut maka Anda berarti lebih kaya dibanding 90% orang dari seluruh dunia. Bagaimana bila ingin menjadi bagian dari 1% orang terkaya dunia? 



Credit Suisse melaporkan butuh kekayaan bersih senilai US$871,320 atau sekitar Rp12,7 miliar. Lembaga penelitian tersebut mendefinisikan kekayaan bersih di sini adalah nilai aset keuangan ditambah aset lain seperti rumah yang dimiliki serta dikurangi utang.

Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah crazy rich terbanyak yang masuk ke dalam 1% teratas. 41% crazy rich dunia berasal dari Amerika Serikat.



Jumlah individu yang kekayaannya di atas US$50 juta atau Rp729 miliar empat kali lipat lebih banyak dari China (negara kedua dengan crazy rich terbanyak dunia). Jumlah harta rata-rata orang kaya di Amerika Serikat dewasa sekitar US$403,974 atau Rp5,8 miliar.

Sementara tingkat orang kaya menengah di Amerika memiliki harta sekitar US$61,667 (Rp899 jutaan), jauh lebih banyak dibanding jumlah kekayaan bersih yang diperlukan untuk menjadi bagian dari 50% crazy rich global. 

Dalam laporan terpisah, Economic Policy Institute melihat pendapatan dan kekayaan bersih tersebut menunjukkan kesenjangan besar antara 1% orang Amerika dan penduduk dari negara lain. 

Ada pun laporan mengenai aset keuangan crazy rich dunia memuncak pada 2015 dan menurun sejak secara bersamaan. 



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading