Orang Kaya Habiskan Waktu Berjam-jam demi Main Bridge

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
15 September 2018 13:27
Orang Kaya Habiskan Waktu Berjam-jam demi Main Bridge
Jakarta, CNBC Indonesia- Jika kami tulis bahwa waktu yang dihabiskan tidak main-main, bisa sampai setengah hari untuk bermain bridge, apakah Anda akan percaya?

Tentu Anda akan bertanya, bukankah pengusaha atau investor biasa habiskan waktu untuk menjalankan bisnisnya atau memikirkan investasinya di bursa saham? Ternyata, enggak juga tuh. 

Seperti ditulis oleh The Washington Post pada 2017 lalu, Warren Buffett bisa habiskan sampai 4 hari dalam seminggu untuk bermain bridge. Sebab bridge, sudah menjadi passion-nya. "Anda tahu, jika saya sedang main bridge dan ada wanita bugil melintas, saya bahkan tak akan mempedulikannya," ujar Buffet kepada CBS News beberapa tahun lalu. 


Tak cuma Buffett, orang kaya lainnya yang dikenal sungguh-sungguh dengan hobi 'bridge' nya adalah mantan CEO Bear Sterns James Cayne. Saking dikenalnya ia dengan hobi bermain kartu ini, perusahaannya sempat dijuluki lebih layak menjadi tempat bermain bridge. 

Cayne lebih serius, ia bahkan sampai ikut kompetisi-kompetisi bridge. Jika sedang bermain bridge, ia bakal sulit dihubungi selama berhari-hari. Kacaunya, saat itu ekonomi Amerika sedang genting-gentingnya, dan Cayne diketahui sedang ikut turnamen bridge di Nashville.

Akibatnya, Cayne ditulis oleh beberapa media AS sebagai salah satu orang di balik krisis finansial Amerika Serikat yang terjadi lebih dari 10 tahun lalu itu. 

Sejak dikenalkan dengan bridge pada 1990-an oleh Warren Buffett, pendiri Microsoft Bill Gates pun tambak sibuk ikut turnamen bridge di mana-mana. "Bridge adalah satu-satunya permainan di dunia ini yang bahkan computer tak bisa menandingi," kata Bill Gates. 

Lalu bagaimana dengan pengusaha Indonesia?


Sampai saat ini yang diketahui memiliki dedikasi soal bridge adalah Michael Bambang Hartono, dikenal sebagai orang terkaya di RI dengan bisnisnya bersama Djarum. 

Saat dijumpai CNBC Indonesia pada Selasa (11/9/2018), Bambang mengatakan bisa habiskan berjam-jam untuk bermain bridge.  "Bisa sampai 6 sampai 7 jam sehari," kata Bambang. 

Apalagi, Bambang tak sekedar jadikan bridge sebagai hobi, namun juga profesi untuk membuktikan dedikasinya kepada olahraga ini. Ia tercatat sebagai atlet dan mewakili Indonesia untuk bertanding di Asian Games 2018 kemarin. 

Nah, persiapan untuk Asian Games benar-benar menyita waktunya. "Setiap hari latihan. Bisa berjam-jam. Kecuali Minggu, Minggu libur," kata dia.


 
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading