Ingin tahu Olahraga Orang Terkaya di Indonesia? Bridge!

Lifestyle - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
15 September 2018 12:47
Ingin tahu Olahraga Orang Terkaya di Indonesia? Bridge!
Jakarta, CNBC Indonesia- Permainan 'Bridge' sebelumnya tidak begitu familiar di telinga orang Indonesia, atau lebih tepatnya kurang dikenal oleh masyarakat kelompok bawah, menengah, atau menengah yang tanpa henti mencoba memanjat agar masuk kategori kelas atas.


Tapi begitu Bridge masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018, dan dimainkan oleh orang terkaya di Indonesia Michael Bambang Hartono, olahraga ini langsung naik daun.

Michael Bambang Hartono merupakan salah satu pendiri PT Djarum Indonesia. Bersama saudaranya Robert Hartono, Forbes menghitung, total kekayaannya mencapai US$21 miliar (Rp 304,7 triliun).


Sebenarnya masih ada perdebatan apakah bridge bisa masuk kategori olahraga atau tidak. Keputusan Mahkamah Eropa di 2017 lalu misalnya, memastikan Bridge tidak bisa disebut olahraga karena kurangnya unsur 'aktivitas fisik'. 


Tapi toh, keputusan di Eropa ini tak berlaku bagi kawasan Asia yang pada tahun ini resmi menjadikan bridge sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan. Terima kasih tentunya atas perjuangan Bambang Hartono dan kawan-kawan yang susah payah meyakinkan komite bahwa permainan ini layak disebut olahraga. 


Perjuangan Bambang pun belum berhenti, ia bermimpi permainan ini bisa diakui sebagai olahraga secara internasional dengan mencoba memasukkannya sebagai salah satu pertandingan di olimpiade. "Kami masih berusaha, doakan saja," ujar Bambang saat dijumpai CNBC Indonesia dalam pertemuan Ikatan Alumni Universitas Diponegoro, Selasa (11/9/2018) lalu. 


Permainan bridge sendiri sangat sulit dijelaskan secara tekstual. Bahkan setelah Anda mencoba memainkannya, dijamin tetap tak mudah untuk menuliskan cara bermainnya. Sebab yang diperlukan adalah praktik dan berlatih.

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading