Wow, Malaysia Luncurkan Gin Rasa Pandan, Nangka dan Lengkuas

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 August 2018 20:16
Malaysia bakal meluncurkan minuman gin rasa pandan, nangka, dan lengkuas
Jakarta, CNBC Indonesia- Malaysia akhirnya memiliki gin atau minuman fermentasi sendiri yang dibuat dengan botanik khas Malaysia.

Eiling Lim, salah satu produsen botol wiski independen pertama di Malaysia, memproduksi berbagai jenis gin yang menggabungkan rasa khas Malaysia berupa pandan, nangka, dan lengkuas.




Dilansir dari Straitstimes, minuman Gin ini dijual dengan nama Pandan Predator, Nasty Nangka dan Gawky Galangal dan siap untuk masuk pasar dalam waktu sekitar satu bulan. Lim memutuskan untuk membuat gin sendiri sekitar dua tahun lalu.

Kala itu, dia melihat betapa populernya minuman itu di Belgia, di mana dia tinggal pasangannya, Luc Timmermans. 

"Banyak restoran dan bar memiliki gin mereka sendiri, dan saya pikir itu akan menjadi ide yang baik untuk melakukan hal yang sama untuk pasar Malaysia," kata Lim, sebagaimana dikutip dari Straittimes, Senin (6/8/2018).

Namun, dia tidak hanya ingin gin yang pada umumnya. Lim menginginkan sebuah gin yang akan mencerminkan rasa khas Malaysia.

"Tahun lalu, saya kembali ke Malaysia dan distributor saya, Wholly Spirits, membawa saya ke beberapa bar di Kuala Lumpur, di mana saya melihat bahwa mereka ingin membuat fusion.  Kemudian saya terkejut saya harus membuat gin yang didasarkan pada rasa Malaysia dan Asia. Saya ingin memperkenalkan rasa yang indah ini kepada dunia, dan apa yang lebih baik untuk melakukannya daripada di sebotol gin?," kata dia

Lim pun akhirnya menetapkan varian rasanya dari  pandan, nangka dan lengkuas. Menurutnya varian rasa tersebut sangatlah menyegarkan dan konsisten.

"Kemudian ketika saya pergi dari bar ke bar, saya menemukan bahwa nangka juga merupakan bahan favorit lainnya karena memiliki aroma manis yang sangat tajam dan rasanya seperti nanas yang matang. Saya telah melihat bartender memasukkan gin dengan potongan nangka dan saya memutuskan bahwa itu seharusnya menjadi salah satu pilihan di gin saya. Saya ingin membuat produk gin yang konsisten dengan aroma buah nangka," kata dia.

Selain tiga rasa utama, gin juga menggunakan 17 tumbuhan lain, termasuk juniper, kapulaga, ketumbar, akar orris, cinchona, lada hitam, dan ironheart.

Rasa mungkin Malaysia, tetapi gin itu sendiri dibuat di Belgia daerah Flanders, tempat kelahiran jenever, nenek moyang minuman ini. Gin tersebut diproduksi di De Cort Distillery, dijalankan oleh distiller bernama Manu De Cort, yang telah membuat 30.000 botol gin per tahun.

Tiga gin Lim imi diharapkan akan tersedia di Malaysia akhir tahun ini, dan didistribusikan oleh Wholly Spirits.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading