Waspadalah, Ini Dampak Negatif Internet Bagi Anak-anak

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
04 August 2018 18:39
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketika para veteran teknologi seperti pendiri Napster, Sean Parker, mengkritik bagaimana smartphone (ponsel cerdas) memengaruhi perkembangan masa kecil, Anda jelas tahu ada pergeseran yang terjadi.

Pada tahun 2017, Parker memperingatkan bahwa media sosial "benar-benar mengubah hubungan Anda dengan masyarakat, satu sama lain...hanya Tuhan yang tahu apa yang dilakukannya terhadap otak anak-anak kita."

Parker memiliki dua anak kecil, jadi dia pasti akrab dengan taktik menyerahkan smartphone untuk mendiamkan anak kecil atau yang disebut 'dot digital'.


Majelis Eropa (The Europen Council) baru-baru ini mengeluarkan rekomendasi tentang hak-hak anak dalam lingkungan digital, membangun kerangka hukum aturan privasi Eropa (GDPR), yang menetapkan batas-batas penggunaan data anak-anak.

Bahkan ada panduan bagi orang tua tentang cara memantau perkembangan digital anak-anak, yang diterbitkan oleh Digital Intelligence Quotient (DQ) Institute, bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum / WEF).

Ada lebih banyak kesadaran dari sebelumnya bahwa teknologi di masa kanak-kanak perlu diawasi dengan benar, oleh pemerintah dan orang tua.
 
Untuk membantu Anda mempertimbangkan beberapa masalah yang ada, berikut lima cara layar smartphone, tablet atau televisi membingkai ulang kehidupan anak-anak, dilansir dari situs resmi World Economic Forum (WEF).
 
(roy/roy)
1 dari 5 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading